News

PERAYAAN 70 TAHUN CHARLIE HADEN DI BLUE NOTE NEW YORK

Salah satu Karya Charlie Haden bersama gitaris kenamaan Pat Metheny. (*/ist)

Dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke-70, bassis jazz legendaris Charlie Haden berencana akan tampil di klab jazz terkemuka Blue Note di New York selama satu minggu penuh dengan mengundang beberapa teman musisinya untuk tampil duet pada awal Agustus 2007 mendatang. Kesemua musisi yang diajak tersebut adalah pianis. Mereka antara lain Kenny Barron (akan tampil pada tanggal 7 Agustus), Ethan Iverson (8 Agustus), Paul Bley (9 Agustus) dan Brad Mehldau (10 – 12 Agustus).

Selain Ethan Iverson (pianis dari The Bad Plus), para pianis yang berkolaberasi tersebut di waktu lalu pernah atau sering bermain bersama Charlie Haden. Charlie Haden bersama Kenny Barron juga pernah membuat album duet “Night And The City” (Verve, 1996). Ada pun tampil bersama Paul Bley kiranya sudah tidak terhitung lagi. Mereka tampil bersama ketika masih bermain bersama Ornette Coleman di tahun 1959 dan hubungan Charlie Haden dan Paul Bley tetap berlanjut hingga kini dengan banyaknya album yang melibatkan keduanya. Sementara, Charlie Haden tampil bersama Brad Mehldau dapat disimak dalam album “Alone Together” (Blue Note, 1996) dan “Another Shade of Blue” (Blue Note, 1999), yang keduanya adalah album milik saxophonis legendaris Lee Konitz. Nah…kalau tampil bersama Ethan Iverson memang baru terdengar beritanya sekarang ini. Seperti apa hasilnya? Tentunya hal ini juga bisa menjadi point of interest dari event tersebut.

Acara ini mengingatkan kita akan rangkaian album Charlie Haden yang direkam dari konsernya di Montreal Jazz Festival 18 tahun yang lalu. Album – album tersebut dikemas dalam judul “The Montreal Tapes” (Verve dan ECM), dimana Charlie Haden tampil secara berturut – turut dalam beberapa malam bersama sahabat – sahabat musisi yang dekat dengannya seperti Don Cherry, Ed Blackwell, Paul Bley, Paul Motian, Pat Metheny, Joe Henderson, Jack DeJohnette, Al Foster, Liberation Music Orchestra, Geri Allen, Gonzalo Rubalcaba dan Alberto Gismonti. “I’m In Heaven..”, kata – kata yang diucapkan  Charlie Haden berulang kali ketika itu mengingat kesempatan tersebut juga merupakan reuni bersama yang menjadi moment yang sangat membahagiakan.

Berita baik lainnya adalah suasana acara ulangtahunnya yang ke-70 tersebut nantinya juga akan dikeluarkan dalam bentuk album barangkali seperti dalam paket “The Montreal Tapes” Oleh Half Note Records. Sebuak lebel rekaman yang mempunyai hak istimewa untuk merekam semua event di Blue Note New York saat ini. Sehingga kita semua yang tidak sempat nonton langsung di Blue Note New York juga merasa ikut ambil bagian dalama acara tersebut.

Charlie Haden sendiri eksis dalam dunia musik jazz sejak akhir dekade 1950an, terutama ketika tampil bersama Ornette Coleman yang menggocang dunia jazz saat itu. Dia juga merupakan bassis jazz modern yang sangat berpengaruh terhadap para bassis junior lainnya. Sampai sekarang, sepak terjang Charlie Haden akan terus dikenang dari ketika membentuk Liberation Music Orchestra di tahun 1969, bermain bersama Keith Jarrett di tahun 1970an, leader dari Quartet West dan ribuan album dari musisi lain yang ikut dibantunya, termasuk album Indra Lesmana “Heaven And Earth” di tahun 1986.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker