BirthdayNews

HARI INI WARTAJAZZ.COM BERUSIA 7 TAHUN

Tepat hari ini, 7 tahun yang lalu, WartaJazz.com hadir menginformasikan kegiatan seputar jazz dengan segenap artikel yang dibagi dalam berbagai kanal atau section. Mulai dari sejumlah artikel, kini Wartajazz memiliki sajian lengkap mulai dari Jazz Style, Jazz Birthday, sampai sajian dari Festival Jazz dan World Music yang kian hari makin banyak hadir di tanah air.

Ulang tahun ke 7 ini juga menandai jumlah Radio yang bergabung dengan WartaJazz.com Radio Network sebanyak 70 radio yang tersebar mulai dari Banda Aceh hingga Biak di Papua.

Diusia yang ke 7 ini, Wartajazz.com juga telah menghadirkan kanal Komunitas jazz yang makin hari semakin banyak, karena tumbuhkan kesadaran para penikmat jazz didaerah-daerah bersama dengan radio yang memutar jazz disana, untuk berhimpun dan melakukan sejumlah kegiatan seperti konser atau jamsession, pemutaran DVD/VCD Jazz, diskusi seputar jazz dan lain-lain.

Kumpulan links menuju website musisi jazz, perusahaan rekaman jazz, festival jazz, termasuk pula situs-situs online jazz, tersedia dikanal Direktori, yang disusun berdasarkan alfabet.

Anda yang ingin membeli album-album jazz, sudah barang tentu tidak melewatkan kanal Jazz Store dan Jazz Review atau Resensi Jazz yang dapat membantu anda mengetahui isi dari sebuah album sebelum membelinya. Khusus di Jazz Store, Wartajazz.com tak hanya menyediakan album-album jazz Indonesia, tapi melayani pula penjualan merchandise jazz, termasuk tiket pertunjukan jazz semacam Jak Jazz Festival, Java Jazz Festival dan kegiatan konser-konser lainnya. Termasuk pula, bagi anda para musisi jazz Indonesia yang berniat merilis album sendiri dan ingin menjual album tersebut via Jazz Store.

Bagi anda yang membutuhkan informasi lebih detail mengenai artis-artis Jazz yang anda sukai, tersedia halaman Jazz Profile, yang tak hanya dari style fusion, tapi juga sampai ke free jazz. Sudah barang tentu para musisi-musisi dari genre atau style jazz yang lain juga tak luput kami ketengahkan.

WartaJazz.com juga menyediakan kesempatan bagi anda yang ingin menyuarakan opini atau ide-ide anda mengenai jazz di kanal OpiJazz atau Opini Jazz.

***

Diluar kegiatan yang bersifat online, maupun semi-online. WartaJazz.com dengan WartaJazz.com Productions-nya telah menyelenggarakan puluhan even jazz dalam waktu 7 tahun terakhir ini. Sebut saja yangmenonjol antara lain:

Konser menghadirkan ZIP ZAP, kelompok musik asal Spanyol di Kedai Kebun Yogyakarta, Mike del Ferro(Belanda), Workshop bersama Rita Reys dan trio(Belanda) dan Dick de Graaf, Peter Ypma, Ronald Douglas dan lain-lain. Ditahun 2003 ini kami juga menggarap proyek Jazz Meets Gamelan yang merupakan kolaborasi musisi Swiss(Podjama) dengan musisi dari I Gusti Kompyang Raka(Indonesia).

Oktober 2003 WartaJazz menggarap proyek bernama Pata Java, sebuah kolaborasi Pata Masters dari Jerman dan Kua Etnika dari Indonesia, yang dikerjakan bersama Goethe Institut dan didukung sponsor DaimlerChrysler akan menyelenggarakan sejumlah konser di Yogyakarta, Bandung dan Jakarta. Juga menggarap tur keliling Cherokee Band ke sejumlah kota besar di pulau Jawa.

WartaJazz.com juga menjadi official-online-partner untuk konser Level42, David Benoit, Earth Wind and Fire, George Benson, yang diselenggarakan di 5 Kota besar di Indonesia, termasuk pula Bali International Jazz Festival 2004, Bali Jazz Merah Putih, Nusa Dua Internasional jazz Festival, Jak Jazz Festival, Java Jazz Festival dan banyak lagi yang lainnya.

Selain itu kami membantu sejumlah kegiatan seperti Jazz Goes to Campus, maupun even-even individual. Juga turut berperan serta dalam proses berdirinya Jogja Jazz Club.

Selain itu kami juga mendukung berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh Pusat Kebudayaan ataupun institutisi yang lain seperti Indonesia Open Jazz, Jazz Goes to Campus, JAK@RT, Jakarta Jazz Society, Zoom Resto & Lounge, GKJIF, Bali Jazz Forum, Batam Jazz Forum, Makassar Jazz Society, Pekalongan Jazz Lovers, Komunitas Jazz Kemayoran, Komunitas Jazz Chics, Malaka Jazz Turbulence, Jazz di Taman Ismail Marzuki (kerjasama dengan Dewan Kesenian Jakarta) dan lain-lain.

Tahun 2004 WartaJazz.com mendampingi North America Tour 2004, bersama kelompok Krakatau Band yang mengelilingi 10 kota di Amerika Serikat dan Kanada. Oktober 2004, WartaJazz menggarap Konser Jazz di 3 kota, Jakarta, Denpasar dan Yogyakarta dengan menghadirkan Duo asal Swiss.

Tahun 2005 WartaJazz.com mengawali kegiatan dengan konser amal Jazz Untuk Aceh, yang digelar dibeberapa kota di Indonesia. Dilanjut dengan Bali Jazz Festival dibulan November. WartaJazz kembali mengikuti tour Krakatau di Eropa, mengunjungi Italia, Belanda, Swiss dan Spanyol. Tour untuk musisi Ron Davis Trio feat Daniela Nardi (Kanada), Eero Koivistoinen Trio (Finland) dan sejumlah kegiatan lain juga dilakukan.

Bulan Agustus 2006, bersama Garin Nugroho, Guerino Mazzola-Heinz Geisser dan Sirone, plus Maya Hasan dan Sally Jo, Wartajazz.com menggarap film dokumenter jazz bersetting tiga Candi yakni, Candi Prambanan dan Borobudur dan Ratu Boko.

Pada November 2006, Wartajazz.com menyelenggarakan Jogja Jazz Fiesta di Galleria Mal Yogyakarta selama tiga hari berturut dengan menampilkan 15 band, dengan bintang tamu Clorophyl Band dan Oele Pattiselanno dari Jakarta.

Semenjak akhir tahun 2006, Wartajazz.com merintis lahirnya WartaJazz Edisi PDF yang dapat didownload dan disebarluaskan via email maupun dicopy. Edisi yang saat ini memiliki 80 halaman dan telah didownload lebih dari 5000 orang (catatan sementara per edisi 4, Agustus 2007), menguatkan keyakinan kami akan kebutuhan informasi mengenai dunia jazz dengan segala pernak-perniknya. Hal ini diharapkan menjadi pondasi yang kokoh sebelum kami menyediakan pula Wartajazz Edisi Cetak.

Kami sadar bahwa masih banyak kekurangan di sana-sini. Hal tersebut membuat kami terus berbenah. Segala saran, kritik maupun pendapat anda akan menjadi masukan yang berharga bagi kami. Kami mengundang anda yang peduli dan ingin memberikan donasi untuk mendukung kegiatan kami, dengan mengontak lewat email ke info@wartajazz.net. Terima kasih atas perhatiannya.

Salam Jazz!!!.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker