News

ANDEZZZ [departure:people] RILIS DEBUT ALBUM MOVIN’ ON

Bagi sebagian anda yang belum mengenal nama Andezzz, jangan berkecil hati. Inilah kesempatan anda untuk menikmati karya terbarunya yang kali ini merupakan debut album solo, setelah sempat merilis dua album bersama SOVA, yang ia dirikan bersama Lawrence Aswin.

Edward Fernandez yang memainkan instrumen bass ini selain jago menjadi DJ dengan turntablenya, juga seorang penulis lagu, arranger sekaligus produser. Karyanya yang berjudul Andezzz [departure:people] Movin’ On ini menjadi bukti nyatanya.

Ditemu disela-sela peluncuran resmi album yang digelar dengan konser di Black Cat Jazz Supper Club dikawasan Plaza Senayan, Senin (13/08) lalu, Andezzz yang menggunakan kostum putih-putih dengan dasi warna hitam dan memakai topi bak pilot yang siap membawa penumpangnya terbang dan menikmati album yang coraknya elektrik-dance-nu jazz ini.

“Saya diberikan kebebasan oleh label untuk menggarap album ini. Mulai dari menemukan talent yang berbakat, pemilihan dan aransemen lagu bahkan hingga desain covernya”, ujar Andezzz kepada WartaJazz.com.

Berbeda dengan Sova yang lebih ngejazz, Andezzz mengakui bahwa disini ia lebih banyak menekan egonya untuk lebih menekankan pada proses secara keseluruhan dalam artian sebagai produser. “Ya ini lebih easy listening, tapi tetap ada benang merah ke jazznya”, kilahnya.

Ketika ditanya lebih jauh tentang maksud [departure:people] dan kostum pilot yang dipakainya, ia menjelaskan. “Departure People itu identik dengan orang yang akan pergi naik pesawat. Sudah sejak lama saya mengimpikan untuk membuat sesuatu yang berbeda sepert ini. Ini memang berbeda dari SOVA yang menurut saya lebih santai”, ujarnya.

Andezzz menggandeng Alvin Lubis, Tomo Pratama dalam penggarapannya. Ia merekrut penyanyi asal Bandung, Amandia yang suaranya berkarakter smooth jazz. Album yang memuat 13 lagu ini memiliki single “Pergi” yang sudah banyak terdengar diberbagai stasiun radio ditanah air beberapa minggu terakhir ini.

Sebuah lagu favorit Andezzz berjudul “Sinaran” di ‘re-work’ kembali olehnya dan ia mengajak Marcel untuk mengisi vocal dilagu ini. Dalam lagu ini Andezzz memperlihatkan keahliannya sebagai seorang arranger dengan meletakkan unsur modern sounds ‘BrokenBeat’ yang menjadi elemen dasar musik NuJazz.

Satu hal yang pasti, album ini lebih mendekati pada tren yang disukai anak-anak muda saat ini, yakni musik dengan nuansa chill out, soulfulhouse atau nuJazz yang lebih mudah dicerna. Selamat untuk Andezzz!.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker