News

YANG BARU DARI SIMAKDIALOG

Atmosfir jazz masih terasa di kota Surabaya, ini terbukti dipenghujung bulan tepatnya tanggal 31 Agustus 2007 tampil kelompok jazz kawakan simakDialog yang merupakan sebuah kelompok jazz yang terdiri dari kumpulan musikus muda yang sarat pengalaman di kancah industri musik Indonesia.

Acara yang digelar di Vista Sidewalk Café Garden Hotel mulai pukul 19.30 juga diramaikan grup jazz dari Surabaya diantaranya Weekend Project, Orange band dan Jurney yang main diawal acara sebelum simakDialog tampil. Weekend Project adalah grup band yang awal terbentuknya cukup unik. Semua personilnya secara tidak sengaja bertemu dan sering nongkrong di Vista Sidewalk Cafe. Hal ini tidak terlepas campur tangan Harry Wibisono salah satu kreator acara jazz di Surabaya Rencananya band ini juga akan tampil meramaikan Jakarta Jazz Festival 2007 di bulan November mendatang.

Ada yang baru pada musik Simak Dialog. Konsep yang berbeda dengan beberapa album sebelumnya. “Rasa baru” ini kian matang, dengan dukungan personil yang juga baru. Simak Dialog tampil mempesona dan mengajak penonton ke atmosfir yang ritmis, sunyi, dan eksotis.pada konser mereka di Vista Sidewalk Cafe Garden Hotel, Jumat (31/8) lalu. Penampilan yang menandai akan dirilisnya album teranyar mereka bulan November mendatang benar-benar membawa suana baru. Ada yang “berbeda” dalam sajian musik yang dihadirkan. Terutama dalam hal konsep dan corak musiknya. Simak dialog yang terdiri dari Riza Arshad(piano, synths), Tohpati Ario Hutomo (gitar) , Aditya Pratama(bass) dan Endang Ramdan & Erland Suwardana (kendang), juga berkolaborasi dengan Mian Tiara sebagai vokalis dimalam itu. Mian Tiara yang dikenal sebagai penulis lirik dan pernah mendapatkan penghargaan di dunia musik Indonesia mengakui butuh waktu lama untuk mendapat kesempatan berkolaborasi dengan Simak Dialog. Di album kelima suara jazzy Mian Tiara akan mengisi beberapa lagu.

One Has To Be dipilih menjadi komposisi pembuka.Musik yang banyak didominasi dengan suara-suara alat musik tradisional (kendang) ini membawa suasana seakan berada ditanah sunda. Suara kendang yang diramu dengan petikan gitar Tohpati membuat jazzlover yang ada malam itu hanyut dalam suasana sunda. Meskipun begitu Riza Arshad sang pentolan Simak Dialog tidak mau disebut beraliran etnik jazz, mereka lebih suka disebut kelompok yang beraliran Etno Jazz Progresive, karena bukan hanya alat tradisional saja didengar, tapi alat-alat musik moderen juga ada didalam musik Simak Dialog. Throwing Words yang di aransement ulang dibawakan penuh warna dari permainan gitar, keyboard kendang sampai bass saling mengisi dilagu ke dua. I Kiss Of You (Joni Mitchel) disuguhkan Mia Tiara dengan suara yang mirip vokal Norah Jhones juga tampil tidak kalah memikat. Mereka membawakan tujuh lagu yang diambil dari empat album rekaman yang telah dirilis di Indonesia dan mancanegara, di antaranya Word Sing dan One Has To Be. Tidak heran, meski musik yang dibawakan kental dengan musik jazz, toh nuansa tradisionalnya tetap terjaga dengan hadirnya bunyi-bunyian kendang. Rencanannya album ke lima Simak Dialg akan digarap November 2007 mendatang, tunggu aja !

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker