NewsProfile

GREG LYONS

Greg Lyons lahir di Newcastle Inggris dari sebuah keluarga yang sering kali berpindah pindah tempat tinggalnya. Sampai masuk sekolah, Lyons sudah tinggal di 4 tempat yang berbeda di Inggris,India dan akhirnya di Scotland di mana dia mengembangkan ketertarikannya terhadap dunia musik dan memulai kariernya dengan bermain bass dalam sebuah band yang memainkan berbagai jenis musik di akhir 1970an.

Ketika berusia 19 tahun, Lyons pindahke Hamburg dan menjadi bassis sebuah band yang sering tampil di beberapa klub. Meskipun demikian, Lyons tidak puas dengan jenis musik yang sering kali dia mainkan. Tidak lama kemudian Lyons mencoba beralih ke instrumen saxophone dan mendaftarkan dirinya ke Berklee College of Music di Boston Amerika Serikat. Di sekolah musik bergengsi tersebut, Lyons belajar musik jazz selama 2 tahun.

Di pertengahan dekade 1980an, dia tinggal di kepulauan Canary dan belajar musik latin, terutama corak musik dari Brazil. Setahun kemudian, Lyons kembali ke London dengan bergabung dengan kelompok Sambatucada. Sampai saat itu, komposisi – komposisi ciptaannya sendiri menggambarkan akan kecintaannya terhadap musik latin dan membantuk quartet yang didukung oleh perkusionis dari Brazil Bosco De Oliveira, Huw Warren (piano) dan Dudley Phillips (bass). Dengan 3 komposer bergabung dalam satu band, membuat band tersebut mempunyai karakter pengembangan dan kreasi yang kuat. Band tersebut juga berhasil mendapatkan penggemarnya di Inggris dan sebagian benua Eropa lainnya.

Pada tahun 1993, dia pindah ke Asia Tenggara dan bermain regular di Singapore dan Kuala Lumpur sembari juga mengajar di International College of Music in Kuala Lumpur. Lyons juga mempunyai pengaruh yang cukup besar dalam menumbuhkan musisi – musisi jazz generasi baru di Asia Tenggara.

Sampai saat ini dia juga terlibat dengan berbagai proyek rekaman dan konser musisi – musisi jazz seperti Lewis Pragasam (Malaysia), Nic France (UK), bassis Dudley Phillips (UK), Christy Smith (USA), Andy Peterson (Malaysia), pianis Jarmo Savolainen (Finland), Mei Sheum (Singapore), Michael Veerapen, Mac Chew (Malaysia), Michael Stanton (USA), perkusionis Steve Thornton (USA), guitaris Randy Bernsen (USA), Eugene Pao (Hong Kong), penyanyi Angelita Li (Hong Kong) dan trumpeter Inggris Damon Brown. Selain itu, Lyons juga pernah membantu para musisi terkenal seperti Toninho Horta, Billy Cobham, Phil Perry, Terumasa Hino, Jeremy Monteiro, Asiabeat, Pucho and his Latin Soul Brothers, Loose Tubes, John Etheridge, Phil Manzanera, Nana Vasconcelos, Radio Futura, Sheila Majid, Lee Hom dan Siti Nurhaliza.

Greg Lyons juga aktif dalam membuat komposisi dan dalam pendidikan musik. Beberapa institusi pendidikan tempat dia mengajar antara lain di University Malaya Kuala Lumpur, Singapore University dan tampil sebagai pembicara dalam acara The International Saxophone Conference yang diselenggarakan Mahidol University di Bangkok.

Saksikan penampilan Greg Lyon bersama Jeremy Monteiro dan Carmen Bradford di ajang Jak Jazz Festival 2007.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker