NewsProfile

SATORU SHIONOYA – PIANIS

Jak Jazz 2006Ia merupakan pianis komposer dan pengarah musik lintas genre berbakat dan diprediksikan akan berperan besar dalam dunia musik Jepang mendatang.

Ia membentuk Satoru Shionoya Group yang terdiri dari musisi-musisi muda antara lain Satoru Shionoya (Piano), Yoshito Tanaka (Guitar), Katsumi Hiraishi (Bass), Eiji Tanaka (Drums) dan Masatoshi Kainuma (Percussion). Kelompok ini telah menelurkan album Hans of Guido yang isinya berupa ramuan jazz dengan berbagai genre musik lain seperti rock, broken beat dan lain-lain.

Satoru Shionoya sendiri lahir di Tokyo tahun 1966. ia belajar musik komposisi di jurusan Fine Arts and Music di Tokyo National University. Sejak tahun 1986 hingga 1996, ia tampil di berbagai negara bersama band salsa asal Jepang “Orquesta De La Luz” sebagai pianis, dan memenangkan United Nations Peace Medal di tahun 1993, pernah pula dinominasikan untuk Grammy Awards tahun 1995, selain mendapatkan kesempatan berkolaborasi bersama sejumlah Raja salsa seperti Tito Puente (timbales), Celia Cruz (vokal), Santana (gitar) dan lain-lain.

Enam album solo telah dirilisnya sejak ia bersolo karir di tahun 1993. Dari tahun 1999 hingga 2001, ia memproduseri konser berjudul “Cool Classics” yang diorganisir oleh Bunkamura Orchard Hall sebuah concert hall yang sangat terkenal di Tokyo dan ia me-rekonstruksi beberapa mahakarya musik klasik seperti “Symphony No.9” milik Beethoven. Atas karyanya ini ia mendapatkan pujian yang luar biasa.

Tahun 2002, ia membentuk Satoru Shionoya Trio dan melepas album pertama berjudul “Trio!” di tahun 2003. Dari situ ia mendapatkan kesempatan tour di Blue Note – sebuah klub jazz terkenal – di beberapa kota di jepang kemudian tampil di Cologne, Jerman dan Paris dan menuai sukses pula. Album kedua mereka dirilis tahun 2004 bertitel “Wheelin’ Ahead!”.

Aktifitas Satoru Shionoya makin meningkat. Ia tour ke timur tengah termasuk didalamnya mengunjungi Libanon, Yunani dan Yordania bersama Hiroshi Yoshino (cb) dan Gen Ogimi (percussions). Tour ini membukukan catatan sukses.

Sebelum merilis “Hans of Guido” tahun 2006, ia sempat tampil di Aichi Expo dengan menampilkan para pemain alat tiup (brass) muda dari Jepang. Album ini sendiri diproduserinya bersama Yoshito Tanaka, seorang gitaris. Satoru kembali menggelar tour keliling Blue Note Jepang bersama Satoru Shionoya Group.

Satoru Shionoya juga pernah bekerjasama dengan musisi jazz kenamaan Paquito D’ Rivera (sax), Sadao Watanabe (sax) dan Iwao Furusawa (vn), dan artis pop Jepang seperti Ken Hirai, dan Misia sebagai komposer dan arranger.

Satoru Shionoya akan tampil di JakJazz Festival , pada hari Jumat tanggal 23 November 2007 di Super Premium Stage, 21:00 – 22:30. Pastikan anda tidak melewatkan bintang masa depan dari Jepang ini.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker