News

PIERRICK PEDRON QUARTET HADIR DI KOTA GUDEG, YOGYAKARTA

Setelah sukses dengan suguhan  Jazz Prancis dari Duo Musisi Jazz asal Kanada yang bekerja sama dengan Canadian Embassy, WartaJazz.com, dan LIP pada bulan Maret tahun ini, melihat antusiasi public Yogyakarta terhadap Jazz maka LIP berusaha untuk mengundang kembali musisi-musisi jazz lainya. Salah satunya adalah seorang musisi jazz berbakat asal Prancis, Pierrick Pedron (baca : pièrik pèdrong), yang beberapa waktu lalu meraih beberapa penghargaan jazz bergengsi.

Kementrian Luar Negeri Prancis melalui lembaganya yang menangani bidang kebudayaan, Cultures France, memiliki program ‘Jazz Primeur’ (Jazz Terkini) yang salah satu misinya adalah memperkenalkan musisi-musisi jazz muda berkualitas dan potensial di masa mendatang ataupun mereka yang memperoleh beberapa penghargaan di bidang musik, ke negara-negara lain. Pierrick Pedron adalah bakat baru yang meramaikan kancah musik jazz Prancis. Tahun 2006 lalu Pierrick baru menyabet 2 penghargaan jazz bergengsi dari Academie du jazz, dan Pedron pun terpilih untuk program ‘Jazz Primeur’ tahun ini.

Pada turnya ke Asia pada 2007 dalam rangka program ‘Jazz Primeur’ tersebut,  Pierrick Pedron yang ditemani oleh  3 kawan musisinya akan mengunjungi Indonesia, selain Thailand dan Vietnam. Sebelum tampil di Yogyakarta pada hari Senin tanggal 26 Nopember 2007, mereka akan manggung di ajang jazz internasional Jak Jazz Festival di Jakarta pada 25 Nopember di hari yang sama dimana ‘Setia Kawan’ sebagai band jazz yang terpilih dari Yogyakarta akan bermain diacara yang sama, lalu mereka akan mempersembahkan permaianan jazz mainstream ala mereka di hadapan penggemar musik Jazz di Jogjakarta pada 26 Nopember di auditorium LIP jam 19.30, dan keesokan harinya tanggal 27 Nopember di Surabaya. Untuk konser di Yogyakarta tersebut, LIP bekerjasama dengan Warta Jazz dan Blass group sebagai organisator acara.

Pierrick Pedron telah memiliki pengalaman manggung dari satu kota ke kota lain, dari satu negara ke negara lain. Dia merilis album ketiganya tahun lalu. Jadwal konsernya telah tersusun hingga Juni tahun 2008. Begitu pula dengan kawan-kawan yang menyertainya, mereka masing-masing telah banyak malang melintang di dunia jazz, bermain bersama musisi yang berbeda dalam formasi yang berbeda-beda dan merilis album rekaman bersama beberapa musisi.

Ia berada dalam permainan seorang musisi dengan empat karakteristik yang memungkinkan untuk mengetahui dengan cepat jika kita berhadapan dengan seorang jazzman sejati dan bukan seorang pemain yang hanya handal memainkan dengan hidup sebuah wacana yang sangat teknis tapi hampa makna dan keharusan. awalnya terdapat apa yang disebut oleh orang amerika “time” (ketepatan ini tak dapat disangkal penempatanya), kemudian nafas (ini cara alami untuk “memberi ventilasi”musik dan membuat hidup antara not) dan terakhir, tidak diragukan kualitas yang paling penting dan paling sulit ditemukan yakni suara.

Ciri khas yang segera dapat dikenali ini juga yang memberikan kebebasan bagi artis untuk terbang menjelajahi musik lebih jauh, lebih tinggi. tidak diragukan, sekali dengar album ini cukup untuk meyakinkan, Pierrick Pedron memenuhi ke empat kritarea tersebut dan langsung menegaskan dirinya sebagai pemain saksofon yang hebat dan seorang komponis dengan penuh inspirasi.

Anggota dari band ini adalah Pierrick Pedron (saxophone alto), Patrick Cabon (piano),– Thomas Brameire (contrabass), dan Franck Agulhon (drum).

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Warta Jazz di 0274-512561

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker