News

SALAM PERPISAHAN DARI BAZZ ATACK

SALAM PERPISAHAN DARI BAZZ ATACK

Bazz Atack adalah kolektif lima pemain bass muda yang saat ini sedang naik daun dengan kiprahnya masing-masing. Adalah Barry Likumahuwa, Jawa Maliq n’The Essentials, J-Mono Park Drive, Handy Soulvibes, dan Rishanda bersama sepakat memadukan permainan instrumen utama mereka, bass, dalam satu irama. Sebagai penjaga beat diajak Rayendra Sunito, drummer dan konseptor Parkdrive yang juga rekan bermusik Barry Likumahuwa di Pentatones dan kemudian proyek solonya.

Bazz Atack yang main terakhir di hari ketiga panggung garden memulai tampilan mereka dengan sebuah komposisi bertempo lambat. Improvisasi permainan bass dilakukan bergiliran; Rishanda yang berdiri paling kiri, dilanjutkan Handy, J-Mono, Jawa dan terakhir Barry. Pola ini beberapa kali diulang. Setiap pemain bass menampilkan ciri dan atraksi masing-masing. Seperti di lagu kedua, sebuah komposisi Jaco Pastorius, J-Mono menampilkan potongan intro “Enter Sandman” Metallica saat ia melakukan solo. Metal! Sedang Jawa memilih menekankan permainan instrumennya pada feel bass yang groovy, seperti ia sebut sebelum menampilkan solo, “… Kalo gua solonya gak yang gitu-gitu gak papa ya?” dan disambung oleh Barry Likumahuwa, “…yang satu ini enakkan gak usah diiringi apa-apaan, …bener-bener cuman bass aja… berasa gak tuh di jantung tuh. Agak masuk-masuk gitu deh…” Lain lagi dengan Rishanda yang lebih memilih bernyanyi dengan instrumennya. Atau Barry dan Handy yang mengandalkan teknik tingginya.

Interaksi dengan penonton intens dilakukan oleh Barry Likumahuwa yang menjadi sentral kelompok ini. Diantara dentuman suara rendah bass, Barry mengajak penonton untuk ikut bertepuk, menghentak kaki atau bernyanyi seperti di “Senorita” dan “Get that on it” Kool and The Gank yang telah diramu dengan gaya mereka sehingga dapat dimainkan oleh lima orang bass.

Band yang tidak wajar ini, begitu diistilahkan oleh Barry Likumahuwa, juga memainkan “Over Joyed” yang dimedley beberapa lagu lain. Namun sebelum di ujung acara Barry Likumahuwa mengumumkan bahwa Jakjazz adalah performance terakhir Bazz Atack karena mereka akan vakum dulu untuk sementara. Apa benar? Yang pasti sebuah lagu ost film “Ghostbuster” dimainkan untuk bekal mengenang grup kelima pemain bass ini. Barry Likumahuwa melakukan tiktak dengan penonton, “Who do you want goal?” yang dijawab, “Bazz Atack!” (diganti dari “Ghostbusters”). Itulah jawab para penggila Bazz Atack dan meminjam ucapan Barry Likumahuwa, “Mudah-mudahan kita bisa bertemu kembali.” (*/Roullandi N. Siregar/Wartajazz.com)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker