News

MEMPERPANJANG NAFAS JAZZ DI JOGJA

 

Dari kiri-kekanan: Bagus Ardhi Baliantoro, Ajie Wartono, Harry Toledo, Barchman Heru, Fabion Bayu Aji dalam Dji Sam Soe Super Premium Jazz Dialogue bertema Potensi Jazz Jogja dalam kiprah industri musik Indonesia.
Photo Arif/Wartajazz.com

Suasana sore kemarin (20/2) seolah ikut mendukung penyelenggaraan event Dji Sam Soe Super Premium Jazz Dialogue yang digelar di Seven Resto. Pada siang harinya, terik matahari cukup banyak membuat keringat para kru yang sedang ngeset panggung dan sound system bercucuran. Kebetulan siang itu juga sedang dilakukan persiapan untuk pre event Java Jazz Festival 2008 yang mementaskan beberapa group jazz pilihan dari Jogja pada malam harinya di halaman resto tersebut. Namun ketika menjelang sore, hujan turun cukup deras. Untungnya, hujan tersebut tidak bertahan lama. Berkah hujan tersebut justru membuat segar kembali jalannya event dialog jazz tersebut. Otomatis juga para peserta dialog jazz kemudian berdatangan untuk memenuhi kursi yang telah disediakan.

Para pembicara Jazz Dialogue juga sudah siap untuk berdiskusi dengan dikawal oleh moderator Aji Wartono dari Wartajazz.com. Para pembicaranya antara lain adalah Bagus Ardhi Baliantoro atau yang lebih akrab dipanggil dengan mas Yoyok. Beliau adalah owner satu – satunya radio jazz di Jogja, Ardhia FM. Kemudian hadir juga pemain bass jazz terkenal pada saat ini, Harry Toledo. Kebetulan beliau mengawali kariernya sebagai bassis jazz dari Jogja. Selain itu, saxophonis Fabion Bayu Aji atau yang lebih akrab dipanggil dengan Bion ini hadir mewakili musisi jazz dari Jogja dan koordinator acara regular Jazz On The Street. Tidak ketinggalan pula wartawan terkenal dari Radar Jogja yang sering mengupas musik jazz, Barchman Heru. Mereka semua berkumpul dan berdialog secara interaktif dalam tema dialog Potensi Jazz Jogja dalam kiprah industri musik Indonesia.

Setelah hujan reda sekitar pukul 16.30, event ini dimulai dengan diikuti oleh lebih dari 80 peserta dialog. Dialog ini pun berlangsung dengan hangat dan interaktif. Banyak peserta melakukan tanya jawab dengan para pembicara. Kalau diperhatikan, sebagian besar peserta berasal dari lingkungan jurnalis, musisi, para pecinta musik jazz dan pemilik/pengelola beberapa venue yang sering dijadikan tempat mangkal para jazzer jogja. Di samping acara dialog, peserta juga diselingi hiburan dengan penampilan grup jazz lokal Dexter dan tentunya juga makan malam bersama. Karena acara dialog ini kebetulan berurutan dengan event pre event Java Jazz Festival 2008.

Ada pun benang merah Jazz Dialogue kemarin antara lain mengangkat issue kenapa musisi lokal banyak menemui kendala dalam berkompetisi dengan para musisi ibukota atau pun internasional walaupun secara skill mereka tidak kalah. Beberapa solusi yang ditawarkan antara lain adalah musisi kita seharusnya lebih berani dan nekat untuk menawarkan diri atau memasarkan diri. Bahkan kalau bisa mempunyai sikap yang lebih narsis. Meskipun hal tersebut merupakan perjuangan yang berat. Persoalan lainnya adalah sering kali muncul “penyakit” musisi lokal yaitu kurang memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Oleh sebab itu, agar musisi/grup band lokal tersebut mampu sampai ke taraf nasional bahkan internasional diperlukan dukungan besar dari media, masyarakat terutama para penikmat musik jazz di Jogja dan tentunya dari kalangan musisi sendiri. Dukungan tersebut akan sangat berarti untuk terus mempertahankan atau pun meningkatkan kreatifitas dan kelangsungan musisi/group jazz lokal.

***

Selain kota Yogyakarta, kegiatan Jazz Dialog telah diselenggarakan di kota Bandung (09/02) lalu. Dan akan digelar di kota Surabaya (22/02) dan Jakarta (29/02) mendatang dengan narasumber praktisi, pengamat maupun musisi jazz kenamaan. (*/Ceto Mundiarso/ Wartajazz.com)

Related Articles

One Comment

  1. Ada yg bisa kasih tau no HP/Rumah Fabion Aji gak?
    Dia temen lama saya tapi lost contact udah 3 thn an.

    Saya ucapkan banyak terimakasih sebelumnya.

    @de!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker