Jazz di BandungKomunitasNews

JAZZ BREAK JUNI 2008 >>REVIVAL

Pertemuan ke-3 Jazz Break Revival bulan Juni yang jatuh pada tanggal 4 Juni akan diselenggarakan bersamaan dengan memperingati ulang tahun KlabJazz ke-empat yang jatuh pada tanggal 9 Mei yang lalu.

Rencananya akan menampilkan empat grup jazz Bandung terdepan. Bambang Nugroho Quartet, Imam Pras Quartet, 4 AM Quartet dan Imel Rosalin Quartet. Namun kesibukan rekaman Imam Pras di Jakarta, membuat Imam Pras Quartet urung tampil. Begitu juga dengan Imel Rosalin Quartet, karena pada waktu yang bersamaan Imel Rosalin memperoleh panggilan tugas ke luar. Kedua quartet ini akan digantikan oleh dua kelompok quartet yang masih relatif muda namun telah sempat tampil di Java Jazz 2008 yang lalu, mereka adalah Michelle Efferin Quartet dan Oleo.

Walau bertemakan 4 QUARTET, pada Jazz Break Revival bulan Juni ini akan tampil juga kelompok-kelompok “eksperimen”nya saxophonis Boyke Priyo Utomo (Imam Pras Quartet) dan penggesek biola Ammy C. Kurniawan. Serta Grup dari gabungan pemusik muda Sinyo Sinyo Paradise.

Acara seperti biasa digelar di Gedung Pertemuan Bumi Sangkuriang, Jl. Kiputih no. 12 Bandung. Mulai pukul 19.00 – 23.00 dan tidak dipungut biaya alias gratis. Anda hanya diminta mengisi data pribadi dan mendaftar kepada Niman dari Klab Jazz. Silakan menghubungi 08172388862 atau 022-91680396.

***

Selain menggelar Jazz Break, Klab Jazz Bandung telah menggelar “Road to Kampoeng Jazz” bekerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran dan akan menampilkan: Gilang Ramadhan & Friends, 4 AM Quartet, Soulvibe, Bop Vivant, Oleo, Cantalope, Find The Key dan RMK [SMA 2 Cimahi] pada Minggu tanggal 11 Mei 2008 lalu.

Sementara acara “JAZZ DEPOT IV” yang sedianya digelar 25 Mei 2008 di diundurkan ke tanggal 8 Juni 2008.

Mulai edisi ke-empat bulan Juni 2008 ini, setiap penyelenggaraan Jazz Depot di Rumah Musik Harry Roesli, walau tidak mutlak akan dipusatkan pada grup-grup penampil yang sarat dengan muatan unsur kekinian; mulai dari groove, funk hingga fusion. Unsur kekinian ini banyak dianut oleh grup-grup yang banyak di antarnya beranggotakan anak-anak muda; mulai dari siswa SMP hingga mahasiswa perguruan tinggi.

Jazz Depot IV kali ini akan menampilkan Grup RMHR, Oleo, Vassagie, Mr. Lazy, Yonathan Godjali Quartet, Bop Vivant, Sinyo-Sinyo Paradise, Bye Bye, Mahesa (SMA 2 Bdg.), Cantaloupe, Tanpa Mana, Rakabitor (Jkt.) & Javalava (empat terakhir yang lolos audis Kampoeng Jazz, April lalu).

***

KlabJazz adalah sebuah perkumpulan/klab nirlaba (non profit) yang berkecimpung dalam usaha memasyarakatkan musik jazz melalui beragam kegiatan, di antaranya; Pertemuan Mingguan setiap hari Minggu sore untuk apresiasi musik jazz, yang hingga saat ini telah diisi dengan pemutaran video-video jazz, diskusi musik jazz yang dibantu oleh seorang pakar jazz nasional, alm. Bapak Sudibyo PR, dan penyelenggaraan beberapa pertunjukan musik jazz.

Sudah banyak kegiatan yang digelar oleh Klab Jazz. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan musik jazz di tanah air khususnya Bandung.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker