News

SAJIAN JAZZ ASYIK DI CAFE AU LAIT MENTENG JAKARTA BERSAMA DEVIAN ZIKRI

Devian Zikri and Friends yang terdiri dari Devian Zikri – Sax, Ananda Mates – Bass, Alnair Roeslan – Drums dan Doni Joesran – Piano akan hadir di Cafe Au Lait, Jl. Cikini Raya No. 17, Menteng Telp. 39835094 Jakarta Pusat, pada hari Jumat, 27 Juni 2008 mulai pukul 8 malam hingga selesai. Acara yang tidak dipungut biaya ini merupakan kegiatan yang sering dilakukan di Cafe Au Lait.

Devian Zikri, lahir di Jakarta, 30 Januari 1970 dari pasangan Zikri Nizak dan Sri Hastuti. Suami dari Etha ini seorang peniup saksofon tepatnya Alto dan Soprano Saksofon. Darah seni barangkali mengalir dari sang Ibu yang konon menjadi penyanyi sebelum menikah dan kakeknya yang konon juga merupakan seorang pemain gamelan jempolan.

Belajar musik ditekuninya sejak usia 15 tahun dengan gitar sebagai instrumen. Ia sempat bergabung dengan beberapa band lokal dan bermain dibeberapa kafe ataupun acara-acara dan festival kampus. Salah satu grupnya adalah Candika bersama Rio Moreno(Piano), Iyun(Drum) dan Eka Dewanto(Bass). Devian juga pernah ikut meramaikan Yamaha Light Music Contest dan berhasil menjadi finalis.

Ia kepincut alat tiup ini saat berusia 20 tahun menyaksikan Maryono(alm) bermain di Jamz pub Blok M (kala itu) – sangat terbawa oleh permainannya – dan kemudian tertarik mempelajari Saksofon. Mulai membeli Saksofon dan belajar secara otodidak dari buku-buku, dan tanya-tanya sama Embong Rahardjo(Alm) serta Arief Setiadi – pendukung Indra Lesmana ‘Reborn’ dan pentolan Funky Thumb – yang waktu itu baru pulang dari Australia.

Ketika menginjak umur 26 tahun dan baru saja lulus dari Universitas Trisakti Fakultas Ekonomi, Devian mengajukan permohonan ke Berklee College of Music, tepatnya tahun 1996. Ia diterima dengan mendapat Scholarship award sebesar 1/3 biaya uang semester. Di sekolah bergengsi ini ia mengambil jurusan Saxophone Performance.

Selamat studi di Berklee, ia sempat bergabung dengan beberapa grup, seperti Berklee Project Big Band, Roberth Booth Big Band, Figarosa sebuah band jazz rock lokal. Sempat pula main di beberapa klub di Boston, atauber-Jam session dengan berberapa musisi terkenal Boston.

Peniup Selmer Mark VI Alto Sax serial #81229, dengan Selmer E Mouthpiece dan Rico Royal #3 Reeds ini lulus dari Berklee tahun 1999 dengan predikat honorary Magna Cum Laude. Seembalinya ke tanah air ia sempat membantu dan bergabung bersama beberapa kelompok Jazz maupun Top 40, diantaranya Ireng Maulana, Grup Top 40 Jakarta Spot band, Grup Jazz Canizarro, Grup Jazz K-9 bersama Glenn Dauna.

Devian merilis sebuah album berjudul “Spring Time” dibawah label Chico&Ira Productions dan kemudian “Freedom of a dream” lewat perusahaan rekaman Platinum Records yang merupakan anak perusahaan di grup DiscTarra.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker