FestivalNews

Laporan dari Toronto Downtown Jazz Festival, 2008

Hari kelima acara tahunan Toronto Jazz Festival di tahun 2008 ini berjalan dengan semarak. Rangkaian festival jazz yang hadir dimusim panas ini membawa Toronto sebagai tempat perhentian tersendiri bagi pemerhati musik jazz.

Kontributor WartaJazz.com Arthur Sailendra melaporkan bahwa kegiatan tahun ini yang bertempat di Nathan Phillips Square, Toronto, hari-hari berlalu dengan hiruk pikuknya pencinta jazz.

Kehadiran Al Green sebagai pengisi panggung dihari pertama membuat starting point yang baik sekali. Al sebenarnya lebih dikenal sebagai pelantun musik pop gereja (Gospel) tapi kekuatannya di jazz merupakan talenta tersendiri.

Ketika panggung dihari kelima diisi oleh seorang wanita pribumi asal St. Lambert, Quebec, Chantal Chamberland, hadirin tidak beranjak dari duduknya, mereka berusaha setia untuk menikmati suara Chantal yang dipengaruhi oleh gaya Edith Piaf, Ella Fitzgerald dan Artie Shaw, suara era Gershwin dan Berlin. Padahal waktu itu jazz dan musik pop masih menjadi sajian musik tersendiri. Setelah Chantal turun panggung, selang beberapa saat muncul pelantun jazz yang dijuluki sebagai “a ballad’s best friend,” George Evans. Penyanyi yang hangat dalam berhubungan dengan penonton dan gampang sekali bersahabat karena humornya, George hanya membawakan beberapa lagunya. Kemudian panggung ditutup untuk persiapan latihan Swing Band dari California selatan, Big Bad Voodoo Daddy yang dimotori oleh James Hunter.

***

Festival Jazz di Toronto ini tahun ini memasuki usianya yang ke 21 tahun sejak pertama kali hadir ditengah komunitas melting pot jazz di Toronto Kanada tahun 1987 silam. Berdasarkan catatan kami, Toronto Jazz Festival menyediakan dua tipe stage, yang gratis maupun yang bayar sehingga terjadi keseimbangan. Pada umumnya band-band yang baru akan hadir dipanggung yang gratis, sementara artis-artis kenamaan tampil dalam tenda pertunjukan atau digedung lain seperti Sony Center for Performing Arts.

Beberapa bintang yang hadir dalam Toronto Jazz Festival tahun ini antara lain Arturo Sandoval plus Hilario Duran Trio, John Pizzarelli Quartet w/ Peter Appleyard plus Quartetto Guido Basso, John Scofield Trio plus Mike Stern Trio plus John Abercrombie Organ Trio, Marcus Miller, Blind Boys of Alabama plus Cyrus Chestnut Trio, Maceo Parker, Ahmad Jamal dan Dave Brubeck Quartet bersama Toronto Jazz Festival Orchestra.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker