News

Carlos Bica & Azul

Berikut ini merupakan laporan kontributor WartaJazz.com Arthur Sailendra dari ajang Toronto Jazz Festival 2008 dalam pertunjukan di hari ke enam.

Ketika menemui Carlos usai pentas di atas panggung Primus-Nathan Square, tidak terlalu sulit. Pria yang memiliki tinggi badan tak beda jauh dengan kebanyakan orang Indonesia gampang sekali diajak bicara. Penampilannya kali ini di Toronto DownTown Jazz Festival mendapat sambutan hangat dari audience yang duduk dibawah siraman matahari sore.

Carlos yang saat ini bermukim di German adalah musisi kelahiran Portugis, dia piawai dalam memainkan bass sebagai spesialisasinya,  dan tergolong seorang musisi yang produktif dan kreatif. Di negaranya sendiri  Carlos pernah mendapatkan julukan musisi terbaik sepanjang tahun 1998. Kali ini Carlos menamakan grupnya dengan kata Azul yang berarti biru.

Tidak jarang dia bersama grupnya melintasi daratan Eropa untuk mengisi festival-festival penting termasuk di beberapa Negara Asia.  Sehingga ketika saya menyebut Indonesia, Carlos menunjukan keakrabannya.

Beberapa garapan musiknya  mengisi karya-karya teater, dunia perfilman dan pertunjukan tari. Tidak heran salah satu station televisi berbahasa Portugis di Toronto mewawancari khusus setelah Carlos bersilaturahmi dengan mereka yang ingin berbagi rasa dalam mengapresiasikan penampilannya.

***

Festival Jazz di Toronto ini tahun ini memasuki usianya yang ke 21 tahun sejak pertama kali hadir ditengah komunitas melting pot jazz di Toronto Kanada tahun 1987 silam. Berdasarkan catatan kami, Toronto Jazz Festival menyediakan dua tipe stage, yang gratis maupun yang bayar sehingga terjadi keseimbangan. Pada umumnya band-band yang baru akan hadir dipanggung yang gratis, sementara artis-artis kenamaan tampil dalam tenda pertunjukan atau digedung lain seperti Sony Center for Performing Arts.

Beberapa bintang yang hadir dalam Toronto Jazz Festival tahun ini antara lain Arturo Sandoval plus Hilario Duran Trio, John Pizzarelli Quartet w/ Peter Appleyard plus Quartetto Guido Basso, John Scofield Trio plus Mike Stern Trio plus John Abercrombie Organ Trio, Marcus Miller, Blind Boys of Alabama plus Cyrus Chestnut Trio, Maceo Parker, Ahmad Jamal dan Dave Brubeck Quartet bersama Toronto Jazz Festival Orchestra.

Wartajazz.com lewat kontributornya menyajikan laporan pandangan mata dari kegiatan Jazz festival yang menarik ini. Simak laporan hari kelima acara tahunan Toronto Jazz Festival di tahun 2008. dan Menikmati Laila Biali.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker