FestivalNews

ALEXIS BARO SEXTET – SANG TRUMPETER DAR KUBA

Alexis Baro Sextet tampil di panggung Primus mengisi bagian dari ‘Afterwork Consert Series’ Toronto Downtown Jazz Festival yang diperuntukan bagi mereka sehabis menjalankan rutinitas kerja, tepatnya jam 5 sore. Ratusan penggemar jazz sudah mengambil tempat di hadapan panggung yang disajikan oleh CityTV bersama perusahaan telekomunikasi Primus untuk melihat kebolehan Alex memainkan trompetnya.

Lahir dari keluar musisi, Alex tumbuh di jantung kota Havana Cuba. Ibunya yang seorang pemain biola di National Ballet Cuba, merangkap sebagai seorang guru musik. Ketertarikannya pada trumpet dimulai dari usia dini dan menyelesaikan pendidikan musiknya di Amadeo Roldan Institute. Berimigrasi ke Toronto tahun 2001 untuk mengembangkan bakat dan menjadikan Toronto tempat pijakan untuk berkiprah di dunia Internasional. Selama tiga tahun berturut-turut setelah menetap di Toronto Alex dinominasikan sebagai penerima National Jazz Award dari tahun 2005, 2006 dan 2007 sebagai peniup trumpet terbaik.

Kehadiran kelompok ini di panggung Primus membawa dialog kebiasaan pertunjukan jazz, tepuk tangan, berteriak dan canda. Setelah menuangkan lagu-lagunya sadar akan waktu yang terbatas Alexis menyuruh yang hadir di depan panggung untuk berdoyang mengikuti irama yang dimainkan. Sepuluh menit menjelang akhir dari pertunjukan sebagian penonton terhisap oleh paduan antara trompet, tenor sax, percussion, drum dan piano untuk bergoyang.

Panitia yang menyediakan waktu 90 menit untuk acara Alexis Baro dkk terpaksa memberikan signal untuk menghentikan pertunjukan, karena acara berikutnya di panggung Toronto Star akan dimulai jam 8 malam. Kesannya, semua yang hadir terhibur.

Kontribusi Arthur Sailendra dari Toronto

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker