FestivalNews

QUINTETTO DENNER DARI ITALIA

Menampilkan empat pemain klarinet  ditambah satu pianis, Quintetto Denner (QN) hadir dalam konser Lunchtime di panggung Toronto Star, Nathan Square melanjutkan seri pertunjukan dari Toronto Downtown Jazz Festival. Grup ini berawal dari Trio Denner yang memainkan musik-musik klasik di gedung-gedung teater bergengsi di Itali, mereka adalah Alessandro Bardella, Giancarlo Buratti dan Giorgi Rondi. Dengan masuknya Filippo Rudolfi dan Guerrrino Allifranchini maka grup ini berubah nama menjadi Quintetto Denner.

Siang ini mereka membawakan 18 lagu yang digarap keseluruhannya oleh Filippo Rudolfi sebagai seorang yang bertanggung jawab atas penampilan Quintetto Denner. Dia bukan saja seorang pemain piano kawakan yang terpandang di Milan, Itali namun seorang komposer dan arranger. Berbekal pendidikan musik klasik Rudolfi melompat memasuki arena baru serta menekuni jazz sebagai tantangan dan ini dibuktikan dengan mencari pengalaman bermain dan belajar mendalami hal yang dicintai di berbagai tempat termasuk Jepang dan Perancis.

Sedangkan Guerrino Allifranchini adalah orang keempat dalam grup ini yang memainkan clarinet dari hasil belajar sendiri, sedangkan saxophone ia bertekun bersama orkes Bruno Canfora di tahun 1954. Bakatnya bukan hanya dituangkan ke dalam bentuk instruemen tapi penguasaan vocalnya mendapat sambutan dari penonton, ini dibuktikan ketika Allifranchini membawakan lagunya Louis Armstrong, “What  A Wonderful World”, “A Night in Tunisia” dan “When The Saints” sebagai lagu penutup.

Karena mereka menyadari bahwa Toronto adalah kota multibudaya terbesar didunia, termasuk budaya Itali, maka dengan persiapan yang matang mereka membawakan lagu-lagu Itali dalam bentuk medley salah satu penggalannya berasal dari syair yang sering dibawakan oleh penyanyi tenor kawakan Pavarotti, “O Sole Mio” (matahari-ku) ditulis oleh Giovanni Capurro tahun 1898.

Setelah menyelesaikan 8 lagu mereka jeda sekitar 15 menit, maka Martin Stiglio sebagai direktur  Instituto Italiano di Cultura Toronto naik ke panggung untuk lebih memperkenalkan satu persatu personal dari grup yang meniadakan unsur permainan alat gesek, hanya angin dari mulut dan pencet-pencet piano kata Martin menyelingi sambutannya kepada pemirsa yang bisa dimainkan kelompok dari Milan ini.

Walau klarinet mendominasi tapi peran dari piano menyatu dihampir seluruh lagu yang dibawakan QN, hanya satu lagu setelah jeda, Rodolfi harus menonton rekan-rekannya membawakan “Misty”.

Kontribusi Arthur Sailendra dari Toronto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker