News

Tour ke Mexico, Krakatau siapkan lagu baru

Grupo de músicos de Indonesia que fusiona jazz, pop y rock con los ritmos tradicionales de su nación en una propuesta contemporánea. Se fundó en Bandung, Java Occidental en 1985, y está integrada por guitarra, piano, bajo y batería. La banda hizo su debut internacional en 1985, participando en el evento Yamaha Bands Explosion en Tokyo, Japón.

Penggalan kata diatas adalah deskripsi yang terpampang disitus Festival International Cervantes di Mexico yang mengundang kelompok Krakatau untuk tampil disana 16 Oktober 2008.

Krakatau yang akan berangkat dengan formasi Pra Budi Dharma (slendro fretless bass); Dwiki Dharmawan (keyboard); Adhe Rudyana (kendang & perkusi); Zainal Arifin (gamelan & perkusi); Gerry Herb (drums); juga melibatkan Ita Purnamasari, Didik Ninik Thowok beserta 4 penari dari STSI Bandung. Sementara Ubiet (voice) yang sedang menyelesaikan program doktoralnya di Universitas Wisconsin akan terbang langsung menuju Mexico City dari Madison USA. Satu personil berhalangan hadir yaitu Yoyon Dharsono (rebab, tarompet, voice) sedang menjadi gamelan artists in residence di Perancis.

Ditemui kala tengah berbuka puasa bersama personil Krakatau di sekolah musik Farabi Dharmawangsa minggu lalu, Pra Budi Dharma yang didampingi Dwiki Dharmawan mengatakan akan menyiapkan sebuah lagu berjudul “Mexican Spirit” sebagai persembahan dalam pertunjukan mereka di Mexico nanti.

Tak hanya itu, mereka juga akan melakukan kolaborasi dengan Sociedad Acoustica dan Mexico Orchestra dalam lagu berjudul “The Spirit of Peace”. Khusus dengan kelompok ini, Krakatau tampil dalam acara terpisah yaitu memperingati 55 tahun Hubungan Diplomasi Republik Indonesia dan Mexico bertempat di Sala Nezahualcoyot UNAM Mexico City tanggal 12 Oktober 2008. Sementara Ita Purnamasari – penyanyi yang juga istri Dwiki Dharmawan akan tampil membawakan lagu Bengawan Solo.

Krakatau dijadwalkan bertolak menuju Mexico via Amsterdam tanggal 8 Oktober dan kembali pada 19 Oktober 2008.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

2 Comments

  1. krakatau akan menunjukan bahwa indonesia juga punya grup bekan yang selalu siap tampil di dunia international..tumbs up untuk krakatau…

  2. Waahhh….
    Kalau bisa ada donk dokumentasinya berbentuk video maupun audio yang dijual di Indonesia.
    Good luck for Krakatau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker