News

Kua Etnika tampil di Pesta Raya Esplanade Singapura

Kelompok Kua Etnika yang dipimpin oleh Djaduk Ferianto dikabarkan akan manggung di Pesta Raya – Malay Festival of Arts yang dipentaskan 24  dan 25 Oktober 2008, di gedung durian Esplanade Singapura.

Konser yang bertajuk “A Love Story Between Jazz & Gamelan” akan didukung oleh 15 personil yang berangkat dari kota gudeg Jogjakarta dengan rincian 11 player termasuk diantaranya penyanyi Trie Utami dan kru panggung, sound engineer dan lighting engineer.

Saat ditanya oleh Ajie Wartono dari Wartajazz, Djaduk Ferianto menjelaskan ikhwal keberangkatannya. ”
“Sebetulnya program dari Esplanede sudah lama ingin mengundang kami Kuaetnika untuk bikin persembahan di sana, hanya waktunya yang belum cocok. Nah kebetulan salah satu programernya ketemu saya waktu di Singapore  tahun yang lalu dan mulai di desain lagi untuk bisa bikin pentas di th 2008 ini.” ujarnya. “Ternyata selalu mengikuti perkembangan kami dari jauh”, tambah Djaduk lagi.

Sedang konsep yang akan dibawakan oleh Kua Etnika lebih lanjut Djaduk mengungkapkan, “Kami masih sama dengan apa yang kami yakini selama ini, bahwa dari lokal yang kami punya bisa lho berdialog dengan global.  Kami sangat sadar kami orang berangkat dari khasanah gamelan dan ingin berkembang dalam pergaulannya dan semangat Jazz  akan kami usung seperti halnya di dunia seni Tradisi yang free jazz banget. Repertoar yang akan kami mainkannya pun masih sama persis seperti tahun lalu di Breisbane, Melbourne dan akhir Agustus lalu di Darwin Australia”.

Dalam Pesta Raya yang pernah mengundang pula Krakatau beberapa tahun lalu, panitia tahun ini menerbangkan pula kelompok band pop Ungu sebagai salah satu sajian tahun ini.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

3 Comments

  1. Yup.. kita bakal tunggu kabar2nya pentas dari Djaduk di pesta raya, dunia sebenarnya sudah tau ada banyak musisi dari negeri ini yang pantas untuk go international, dunia memang perlu sentuhan lain dari warna2 yang sudah baku, semoga musisi-musisi indonesia akan menjawab semua ini.

  2. Salut buat KUA ETNIKA.Bangga rasanya kemarin ke Singapore,poster2 KUA ETNIKA udah terpampang.Sudah waktunya musisi Indonesia banyak terlibat dalam musik Internasional.Kualitas jangan diragukan lagi..apalagi kita punya musik tradisional yang OK bangetss…

  3. dua jempol buat kua etnika
    lagunya keren banget, gw sendiri suka penggabungan jazz dengan musik tradisional
    dan etnik
    gw rasa kua etnika pantes go internasional
    mudah2an sampai ke eropa sana untuk menunjukan bahwa musik dan kebudayaan Indonesia ga bisa dianggap remeh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker