News

ITB Big Band Concert 2008, akhir pekan ini

Big Band merupakah sebuah ensambel musik yang asosiatif dengan musik Jazz, terutamanya di dalam era Swing sekitar tahun 30-an hingga akhir 40-an, yang fungsi utamanya sebuah kelompok pengiring tarian di lantai dansa.

Sebuah big band umumnya beranggotakan pemain saxophone, trumpet, trombone dan rhythm section sekitar 12 hingga 25 musisi

Berbeda dengan jazz kombo yang pada umumnya diciptakan secara spontan atau improvisasi, big band selalu diidentikan dengan persiapan dan selalu membaca notasi, improvisasi disediakan hanya jika arranger memintanya.

Di Indonesia, walau bukan sebuah trend, Big Band juga menjadi agenda pertunjukan musik jazz terutama beberapa tahun belakangan seiring apresiasi pada musik Jazz meningkat.

Bandung menawarakan satu-satunya event jazz yang pesertanya tampil dalam format big band. Tahun ini, lewat tema ‘Swing and Groove!’, 5 bigband yang tampil akan mempersembahkan lagu- lagu yang spesial dalam ajang ITB Big Band Concert. Adapun 5 big band tersebut adalah Waditra Ganesha Big Band, ELBE Big Band (UPI), Van Alloy Big Band, Salamander Big Band, dan Galaxy Big Band.

Menghadirkan bintang tamu Margie Segers yang akan berkolaborasi dengan Salamander Big Band. Acara ini diselenggarakan oleh unit Marching Band Waditra Ganesha (MBWG).

Acara akan diadakan pada Hari Sabtu, 15 November 2008 pukul: 18.15 di Aula Barat ITB dengan harga tiket masuk Pelajar/mahasiswa: Rp. 35.000, Umum Rp. 50.000 dan VIP: Rp 150.000 (sangat terbatas)

Tiket dapat diperoleh di Gerbang Ganesha, setiap hari Senin-Jumat pukul 09.00-15.00, toko musik Aquarius Dago, dan di tempat pelaksanaan pada hari H.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker