News

Wayne Shorter rayakan ultah ke-75-nya di Carnegie Hall

Saxophonist legenda dan NEA Jazz Masters, Wayne Shorter yang tahun ini memasuki usia ke-75 tahun, akan merayakannya dengan menggelar konser di Carnegie Hall tanggal 2 Desember 2008.

Ia akan menyajikan repertoire karya-karya klasiknya plus penampilan perdana komposisi yang digarapnya untuk ensembel klasik “Terra Incognita,” yang akan ditampilkan oleh Imani Winds. Shorter dipilih sebagai komposer oleh La Jolla Music Society di tahun 2006, dan menjadikannya sebagai salah satu komposer penting abad 20.

Dalam penampilannya kali ini ia akan didampingi pianis Danilo Perez bersama rhythm sections bassis John Patitucci dan drummer Brian Blade. Selain set quartet yang disiapkan, dua ensembel akan berkolaborasi untuk sebuah aransement baru dari songbook milik Shorter untuk perayaan ini.

***

Pemegang penghargaan Grammy Awards tahun 2003 untuk album Alegria ini telah merilis kurang lebih 25 album yang beberapa diantaranya yang direkomendasikan Speak No Evil (1960), Adam’s Apple (1966), Native Dancer (1974) dan tentu saja Alegria (2003).

Bersama alumnus Miles Davis, Zoe Jawinul dan Miroslav Vitous, ia mendirikan grup jazz-rock legendaris, Weather Report dan merilis sejumlah album. Kelompok yang di era 70-an dijuluki sebagai Supergroup, dengan anggota lain Airto Moreira (Percussions), Alphonse Maizon (drums).

Dalam sepanjang karirnya ia pernah pula bergabung dengan Art Blakey Jazz Messengers, tour bersama Santana, selain tentu saja bersama Miles Davis dan ikut menelurkan karya-karya besar seperti “E.S.P.,” “Pinocchio,” “Nefertiti,” “Sanctuary,” “Footprints,” “Fall” dan sebuah karya yang sangat terkenaldari Miles, “Prince of Darkness”.

Wayne Shorter sebenarnya memulai karirnya diusia 16 tahun dengan instrumen klarinet tapi belakangan pindah ke tenor sax sebelum menimba ilmu di New York University tahun 1952. Selepasnya ia bermain bersama pianis Horace Silver meski hanya dalam waktu yang singkat.

Wayne Shorter memainkan banyak genre dalam jazz seperti Fusion, Post-Bop, Hard Bop, Modal Music, Crossover Jazz, Progressive Jazz dan World Fusion.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker