News

Cerita dari show Les Paul di Iridium Jazz Club New York

Dinginnya New York City malam itu tidak menyurutkan langkah penulis berangkat ke Iridium Jazz Club yang terletak di 1650 Broadway (51st st) Manhattan untuk menyaksikan salah satu legenda musik dunia Les Paul bermain.

Les Paul bermain 2 kali dalam seminggu setiap senin malam. Pertunjukkan pertama dimulai jam 8 malam dan yang kedua jam 10 malam. Penulis datang untuk pertunjukkan kedua. Deretan antrean panjang untuk masuk sudah mulai dari jam 9 malam waktu setempat, beruntung penulis memiliki tiket yang dibeli sebelumnya jadi tidak perlu berbaris antre seperti penonton yang tidak memiliki tiket tadi.

Tepat pukul 10 malam Les Paul mulai bermain dan membuka dengan lagu satu nomor lama dari Carlos Antonio Jobim yaitu ‘One Note Samba” kemudian disambung dengan “Girl from Ipanema” membuat suasana menjadi hangat.

Les berhasil membuat suasana dipertunjukkannya menjadi lebih hangat dengan leluconnya. Dia bertanya kepada Nicki Parrott pemain bass yang mengiringinya, apa yang membuat anda bisa bermain musik sebagus ini? Nicki dengan sigap menjawab, latihan setiap hari, mendengarkan musik musik indah setiap hari dan fingering (latihan jari). Les dengan gaya humornya menjawab satu satunya fingering yang dia tahu adalah ketika dia belia sedang belajar mengendarai mobil dia mengacungkan (maaf) jari tengahnya kepada pengendara mobil lain yang berteriak serta memaki sambil mendahuluinya. Langsung disambut derai tawa para penonton.

Tidak lupa juga Les memainkan sebuah no yang dibawakannya dulu bersama Mary Ford yaitu “Tennesse Waltz” dan Nicki bernyanyi menggantikan Mary tentunya. Disamping itu Les juga membawakan no klasik seperti “Somewhere Over The Rainbow”, Misty dan “Blue Skies”.

Pada usia yang terbilang senja 93 tahun, Les masih memukau para penontonnya yang datang dan banyak yang terhitung muda dan belum lahir pada saat Les dan Mary bermain. Itu tidak mengurangi antusias penonton untuk menikmati permainan seorang Legenda musik seperti Les Paul bermain. Bahkan Les sempat mengajak salah satu penonton usia belasan tahun untuk bermain gitar dan Jammin’ bersamanya.

Pertunjukkan Les setiap hari senin malam selalu sold out kata Johny bartender di Iridium. Penulis sempat menyaksikan gitaris Stanley Jordan datang dan bermain beberapa buah lagu bersama Les dan band-nya pada sekaligus menandai peluncuran album terbarunya yang bertitel “State of Nature” pertengahan april lalu.

Beberapa musisi terkenal dunia yang sempat datang serta Jammin’ bersama Les adalah Richie Sambora “Bon Jovi”, Steve Miller “Steve Miller Band, Olivia Newton-John, Robbie Kreiger “The Doors” dan banyak lagi lainnya.

15 November 2008 lalu Les Paul mendapatkan penghargaan tertinggi dari Presiden Amerika Serikat George Bush yaitu sebuah “National Medal of Art” atas jasa jasanya dibidang seni.

Di akhir pertunjukan Les memberikan tanda tangannya kepada penonton dan menyempatkan diri berfoto bersama mereka.

Kontributor: Stanley Tulung dari New York, Amerika Serikat

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker