FestivalJava Jazz FestivalNews

Nantikan kemeriahan Axis Java Jazz Festival 2009

Ruang Airman Planet Kamis, 29 Januari 2009 penuh dengan kehadiran wartawan . Sejumlah narasumber duduk di hadapan wartawan media cetak dan elektronik. Semua punya tujuan yang sama, ingin mengetahui seperti apakah gambaran penyelenggaraan Axis Jakarta International Java Jazz Festival 2009 (JJF) yang tahun ini memasuki usia penyelenggaraan ke-lima.

Sebagian wajah pewarta yang hadir terlihat asing, maklum ternyata mereka memang media yang diundang khusus oleh Axis, yang tahun ini menjadi Sponsor Utama acara Festival musik Jazz selama tiga hari ini.

Hadir diantaranya Peter F. Gontha (Chairman, JFP), Paul Dankmeyer (Program Director, JFP), Eki Puradiredja (Program Co-ordinator, JFP), Hanslee Azhar (ITI by Java Exhibition), Toto Sugito (Bike to Work), Sapta Nirwandar (Dirjen Marketing Budpar RI), Enteng Tanamal, Tohpati, Budjana, Aksan Sjuman, Ecoutez dan Afgan yang merupakan perwakilan dari para artis dan musisi yang akan tampil dalam JJF tahun ini, selain para sponsor seperti Axis, BNI, Enjoy Jakarta dan Kementrian Pariwisata Pusat dan DKI Jakarta.

jjf09-preskonSejumlah Musisi yang akan tampil di Axis Java Jazz Festival 2009
bersama para narasumber dalam Press Conference yang diselenggarakan di Airman Planet (29/01).

Peter F. Gontha dalam sambutannya menyatakan gembira bahwa Axis menjadi bagian dari Java Jazz Festival untuk tiga tahun kedepan. Bahkan ia menyatakan bahwa Axis Java Jazz Festival 2010 akan pindah ke Arena Pekan Raya Jakarta, karena diyakini JCC sudah tidak muat menampung antusiasme penonton.

“Kami mendapat persetujuan dari management Jason Mraz untuk membuat second Special Shows, karena pertunjukan hari pertama sudah Sold Out”, ujarnya sumringah. Ia menyatakan pula bahwa tahun depan Santana akan hadir di Java Jazz Festival.

Dalam JJF kali ini akan diselenggarakan pula ITI yang merupakan pameran Integrated Technologies Indonesia yang pertama.

Hadirnya Axis sebagai Title Sponsor tahun ini membuat beberapa perubahan yang diharapkan oleh panitia berdampak positif. “Harga tiket tahun ini lebih murah jika dibandingkan tahun lalu”, ujar Peter Gontha. “Kami malah berharap tahun depan bisa lebih murah lagi karena kapasitas gedung yang lebih besar”.

Java Jazz Festival 2010Enteng Tanamal, musisi senior dalam blantika musik Indonesia  yang turut berbicara dihadapan media menyatakan bahwa mereka senang sekali karena tahun ini para musisi dan artis yang berasal dari Ambon akan tampil dalam panggung khusus bertajuk ‘Amboina Project’.

Sementara Paul Dankmeyer yang ditemui seusai press conference mengatakan bahwa sejumlah nama-nama beken seperti Dianne Reeves, Ivan Lins, Mike Stern, New York Voices, Chieli Minucci feat Special EFX, Laura Fygi, Dave Weckl, Bones James siap menghibur para penikmat jazz tanah air. Ketika ditanya WartaJazz.com mengapa pianis Brad Mehldau tak tampil di Java Jazz Festival kali ini, ia menyatakan bahwa management Brad memutuskan untuk memilih New Zealand, meskipun JJF telah mengajukan permohonan jauh hari sebelumnya.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker