FestivalJava Jazz FestivalNewsProfile

Axis Java Jazz Festival Band Profile – Sensual Band dari Belanda

sensual-bandSalah satu performer Axis Java Jazz Festival 2009 adalah band Sensual yang berasal dari belanda. Kelompok yang album terakhirnya bertitel ‘Salve’, berhasil mendapatkan Edison Jazzism Award 2008, sebuah penghargaan bergengsi ini – memuat perpaduan brazilian jazz dan grooves’  yang membawa anda pada bayangan tentang nostalgia, kasih yang jauh dan suasana clubbing. Vocalis Eva Kieboom berhasil mengkombinasikan aransemen yang cerdik dan improvisasi yang kuat, membuat band Sensuàl menarik untuk ditonton, tak hanya pecinta jazz, tapi juga penikmat musik pop.

Band ini dibentuk tahun 2003 dan album pertama‘Acústico’ dirilis  2004 yang berisikan materi tradisi Brasil dengan sentuhan Sensual. ‘Acústico’ merupakan kesempatan Sensuàl memperkenalkan komposisi orisinil mereka kepada khalayak ramai. Lagu Fly too milik Janis Ian yang mereka bawakan kembali sering diputar dan itu berbuah sukses dengan penampilan mereka di banyak festival termasuk North Sea Jazz & Mundial Festival termasuk pula kesempatan tur keliling Belanda bersama Wouter Hamel untuk Jazz Impuls di tahun 2006/2007.

Album teranyar ‘Salve’ dirilis di Sugar Factory, Amsterdam. Kecuali sebuah lagu, album ini memuat semua komposisi mereka sendiri. Beberapa musisi tamu yang berkontribusi antara lain gitaris Anton Goudsmit (New Cool Collective) dan trumpeter Eric Vloeimans (Edison 2007). Khusus untuk pasar Indonesia dan Singapura, Sensual merilis “Salve Soul” dibawah perusahaan rekaman Platinum Records.

Kehadiran Sensual di Axis Java Jazz Festival merupakan bagian dari rangkaian tour mereka di Indonesia. Sensual juga akan hadir di Solo, Yogyakarta dan Bandung. Simak penampilan Sensual di panggung Assembly 1 pada hari Jumat 6 Maret dan Sabtu 7 Maret di ruang Merak 1 & 2.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
WhatsApp Perlu bantuan?

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker