FestivalJava Jazz FestivalNewsProfile

Chieli Minucci Effect

Nama Chieli Minucci lekat dengan fusi Special EFX yang dirintisnya sejak 1982. Bak bunglon yang memimik lingkungan tempatnya berada, ia sangat paham di mana sedang berpijak. Manipulasi efek dan permainan volume dalam balada blues rock ”Cause We’ve Ended As Lover” dieksekusi Minucci sebaik baris siklik bebop dalam tonal berat khas jazz box (gitar hollow body) yang lebih sering terdengar. Album terakhir ”Sweet Surrender” (2007) pun eklektik terhadap pengaruh jazz, world-fusion, rock, dance dan house. Rekaman yang merangkum perjalanan 25 tahun ini berpindah-pindah etalase dari mulai nomer lepas ”Ascension” hingga hidangan cepat-saji ”Guitarzz”. Minucci sendiri mengungkap bahwa album ini bermisi menangkap energi intens konser live ke dalam studio. Jadi, bass bersolo panjang adalah sehalal porsi solo bergantian saat konser yang nyaris tidak dibatasi durasi.

Pada dasarnya, Special EFX memang mengusung hiburan sekaligus kepuasan artistik (suatu kombinasi yang tidak selalu menjadi pilihan band jazz kontemporer). Minucci dan Special EFX telah merilis 25 album (dengan 8 rilis solo di antaranya). Grup ini didirikan saat ia berkenalan dengan mendiang George Jinda (pemain perkusi) usai kuliahnya (mengambil gitar klasik) di Ithaca College (NY) di tahun 80-an. Sebenarnya nama tersebut adalah titel album berlabel GRP Records untuk band yang semula bernama Special Delivery. Saat dimulai dan meraih popularitas, band ini kental nuansa world music. Jejaknya masih dapat dilihat di nomer seperti ”Chant” yang berbau prosesi mistik dan menampilkan voice Philip Hamilton (perkusi dan vokal) yang seperti sedang memantra-mantrai. Selain oleh Hamilton, penampilan live grup ini diperkuat Jay Rowe (kibor), Lionel Cordew (drum), Jerry Brooks (bass). Kelompok ini sempat pula meraih nominasi Grammy.

Sebagai pemain sesi, Minucci terlibat dalam rekaman pop artis seperti Celine Dion, Lionel Richie, Jennifer Lopez, Jewel, Mark Anthony, Jessica Simpson, maupun artis jazzy seperti Bobby Caldwell, Marion Meadows, Jay Beckenstein, Kim Waters, Alex Bugnon, Gerald Veasley, Lao Tizer, Nestor Torez, dll. Pencapaiannya sebagai komposer musik film dan televisi menjadikan Minucci nominator sepuluh Emmy Award dan meraih tiga di antaranya. Karya-karyanya yang dibuat untuk program televisi yang terkenal di antaranya adalah Good Morning America, Bloomberg, maupun seri petualangan Dora.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker