FestivalJava Jazz FestivalNews

Chuck Loeb: Hits Radio Smooth Jazz No. 1

Sebuah penampilan khas dari para gitaris yang mewakili warna musik yang sering disebut smooth jazz, sekarang ada pula yang menyebut crossover jazz atau kalau dalam salah satu kategori Grammy Awards disebut instrumental pop, yaitu menggunakan gaya oktaf Wes Montgomery dalam mengikuti bentuk melodi yang ringan serta diselingi dengan beberapa kalimat improvisasi pendek untuk memperkuat aksennya.

Kalau dilihat dari beberapa karyanya sepuluh tahun terakhir ini, rasanya gitaris kelahiran 12 Juli 1955 ini memang sesuai dengan posisinya sebagai salah satu gitaris smooth jazz terkenal saat ini, seperti yang dicitrakan melalui judul album terbarunya “#1 Smooth Jazz Radio Hits” (Shanachie, 2009).

Meski cukup mengherankan jika dilihat dari sisi pengalaman yang membentang lebih dari 30 tahun. Sebelum mendaftar di Berklee College of Music pun, Loeb sempat belajar langsung dengan gitaris jazz legendaris Jim Hall. Belum lagi pengalamannya bermain bersama Stan Getz, Chico Hamilton, Steps Ahead dan masih banyak lagi.
Selapas bermain dengan banyak tokoh jazz, Loeb mengejar kariernya sendiri dengan aktif membantu rekaman studio musisi lain, membuat jingle iklan TV dan menggarap soundtracks film. Perlu diketahu juga, bakat menonjol Loeb selain menjadi musisi adalah sebagai produser.

Tidak ada kata terlambat dalam berkarya, mungkin itu semboyan Loeb ketika dia baru mulai membuat album solonya “My Shining Hour” (Jazz City, 1988). Sampai saat ini, dia sudah menghasilkan sekitar 15 album solo. Termasuk album “When I’m With You” yang masuk 10 besar Billboard Top Contemporary Jazz di tahun 2005.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker