EducationNews

Symposium Creativity & Art Studies, LPPM Institut Seni Indonesia (ISI) Jogja 23-24 Mei 201

Symposium Creativity & Art Studies
Symposium Creativity & Art Studies

Kreatifitas sesungguhnya bisa diartikan sebagai segala sesuatu yang terus bergerak, tak ubahnya seperti hasrat skizoprenik (Deleuze dan Guattari) yang menandakan perputaran mesin yang terus berproduksi. Tidak ada batas dalam wilayah tradisional, modern, maupun kontemporer. Jagad penciptaan dan demikian pula. Telaah seni mestinya selalu memberikan sesuatu yang baru dan berbeda. Toh, tak pernah awan yang sama di atas sebuah gunung. Waktu terus berjalan, musim terus bergulir, dan ruang ditumbuhi hal-hal baru.

IR Poster (Medium)

Akan tetapi forum perbincangan antar seniman akademik hingga saat ini kurang mendapatkan porsi secara kuantitatif. Dalam  hal  ini  diperlukan  sebuah  “ruang”  untuk menumbuhkan iklim penciptaan sekaligus pembahasan atas karya. Untuk itu LPPM ISI Jogja akhirnya membuat ruang untuk berdiskusi dan bertukar parkiran. Creativity & Art Studies (CAS) adalah tempat yang bertujuan mewadahi gagasan penciptaan dan kajian atas seni. Forum ini  secara  rutin  akan  memiliki  agenda  pertunjukan  dan pertemuan antara seniman dan kritikus.

EM Poster (Medium)

Pada pertemuan pertama ini Symposium Creativity & Art Studies  akan  membincangkan  gagasan  penciptaan  seni dengan  mempertemukan  para  Doktor  Penciptaan  Seni Pertunjukan yang ada di seluruh Indonesia (hari pertama). Kemudian pada hari ke-dua akan membincangkan musik secara  khusus  terkait  dalam  perkembangan  pasar  dan media saat ini.

Selain diskui panel, CAS juga akan menghadirkan panggung pertunjukan yang akan diisi oleh Ery Mefri (koreografer) dan Arireda (duo musikalisasi puisi). Selain itu, CAS juga mengadakan open call essays yang sudah ditutup pada April lalu. Jadi selain diskusi dan pertunjukan, kumpulan tulisan peserta open call essay akan dilibatkan dalam buku yang akan diterbitkan LPPM ISI Jogja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker