News

Album baru dari para Diva Jazz : Romantisme Diana Krall, Kematangan Madeleine Peyroux , “The Rising Star” Melody Gardot dan Sisi Pop Cassandra Wilson

cover-diva1

Beberapa Jazz Diva tahun 2009 ini mengawali dengan meluncurkan album baru mereka yang tentunya akan menambah koleksi album jazz vokal bagi para penggemar musik jazz. Yang menarik adalah dari beberapa album tersebut memiliki warna yang cukup berbeda dan bervariasi antara satu dan lainnya. Masing-masing album dari vokalis jazz tersebut warna dan aransemen musiknya sesuai dengan karakter vokal mereka, dan ini mungkin yang membuat album-album ini cukup direkomendasikan masuk dalam jajaran koleksi pecinta musik jazz.

Penyanyi jazz yang telah dua kali konser di Indonesia, Diana Krall, tahun 2009 ini merilis album anyar bertitel “Quiet Nights”. Judul album ini diambil dari salah satu lagu yang terdapat didalamnya, karya pencipta lagu Antonious carlos Jobim yang terkenal dengan gaya bossa novanya, sudah bisa diduga dari judl tersebut mewakili dari isi album ini yang didominasi dengan warna bossa nova. Meskipun di beberapa albumnya Diana Krall juga menyisipkan warna-warna bossa, tapi dalam album ini hampir mendominasi semua lagunya. Album ini merupakan reuni dengan arranger dan conducter Claus Oggerman yang pernah juga berkolaborasi di album “The Look Of Love”, kali ini Claus dipercaya lagi untuk aransemen dan orkhestrasi di album ini. Tiga karya Jobim “The Boy From Ipanema” , “Este Seu Ohlar” dan “Quiet Night” menjadi hilight disamping karya Burt Bacharac “Walk On By” dan karya Rodger & Hart “When Or When” yang masih dalam warna bossa. Sentuhan aransemen dan orkhestrasi dari Claus membawa suasana romantis dalam setiap lagu dalam album ini, akankah album ini membawa lagi Diana Krall dalam nominasi dan memenangkan Grammy Awards, kita tunggu saja.

Meskipun banyak yang menyamakan Madeleine Peyroux dengan Billie Holiday, namun Madeleine tetap mempunyai karakter vokal yang unik dan khas, gabungan karakter vokal jazz, blues dan folk, dan karakter ini juga terbawa dalam setiap arasemen lagu-lagu yang dibawakannya. Setelah sukses dengan ketiga albumnnya, tahun 2009 ini Madeleine Peyroux merilis album keempatnya bertitel “Bare Bones”, mungkin ini merupakan album paling istimewa bagi Madeleine, 11 lagu yang terdapat didalamnya semuanya adalah lagu orisinal yang ditulis Madeleine termasuk kolaborasi dengan beberapa penulis lagu dan produser terkenal seperti Larry Klein, Walter Becker (Steely Dan), Julian Coryell, Joe Henry, David Batteau and Sean Wayland. Apalagi dalam album ini juga didukung musisi-musisi papan atas seperti Larry Goldings (organ), Jim Beard (piano), Vinnie Colaiuta (drum), Larry Klein (bass), Dean Parks (gitar) dan Carla Kihlstedt (violin). Masih memadukan warna Jazz, Blues dan Folk dalam album ini, “Instead” , “Bare Bones”, “You Can’t Do Me” dan “I Must Be Saved” hanya sebagian lagu dalam album ini yang makin menampakkan kematangan Madeleine Peyroux baik sebagai seorang vokalis maupun seorang penulis lagu, album yang tahun ini mungkin salah satu album jazz vokal unggulan.

Melody Gardot bisa dibilang pendatang baru dalam khasanah musik jazz, vokalis yang sukses merilis secara independen album “Worrisome Hart” tahun 2006 akhirnay dilirik oleh label terkemuka Verve, dan album itu direisu tahun 2007 oleh Verve dan menadapat sambutan cukup baik dari npara kritikus maupun penggemar jazz. Tahun 2009 ini Verve kembali merilis album terbaru dari Melody Gardot bertitel “My One and Only Thrill”, gaya vokal yang “cool” dan “relax” tapi tegas menjadi ciri khas yang unik dari Gardot, ketepatan dalam menginterpretasi lyric dalam membawakan lagunya juga salah satu keistimewaan dari Gardot. Dalam album ini hadir musik warna jazz yang dipadu dengan sentuhan light pop, R&B, blues maupun latin dengan string aransemen di beberapa lagu, yang membuat album ini cukup berharga disebut album unggulan adalah semua aransemen dan pilihan lagunya sangat cocok dengan karakter voal Gardot, simak saja lagu seperti “Who Will Comfort Me “, “Your Heart Is as Black as Night” , “Our Love Is Easy” dan “Over the Rainbow” yang menunjukan kevariatifan dan keunikan Gardot. “My One and Only Thrill” merupakan salah pilihan album jazz vokal yang sangat bagus untuk tahun ini, Melody Gardot merukana voklais jazz generasi saat ini yang mempunyai prospek cerah.

Vokalis jazz bersuara berat Cassandra Wilson mengawali tahun 2009 ini dengan merilis album “Closer To You : The Pop Side” dibawah bendera Blue Note Records. Bagi para penggemar Cassandra Wilson dan para kolektor albumnya tentunya sudah tidak asing dengan lagu-lagu di album ini, karena labum ini memang berisi kompilasi dari lagu-lagu yang diambil adri album Cassandra di label Blue Note, hanya saja sesuai dengan sub titel album ini yaitu “Pop Side”, maka album ini mengetengahkan lagu-lagu pop hits yang diinterprestasi ulang kembali dalam warna jazz khas Cassandra Wilson. Lagu-lagu yang pernah hits dari para musisi ternama bertebaran di album ini taruhlah lagu hits “Love Is Blindness” dari U2, “Fragile” yang dipopulerkan oleh Sting, “Time After Time” lagu abadi dari Cindy Lauper sampai “Tupelo Honey” dari Van Morrison dan juga “Lay Lady Lay” karya Bob Dylan. tidak berlebihan kalau kata-kata di judul album ini “Closer To You” memang dimaksudkan untuk mendekatkan cassandra tidak hanya pada penggemar musik jazz tapi juga pada pengemar musik umumnya dengan lagu-lagu yang pernah hits dan dikenal masyarakat luas.

Tags

Ajie Wartono

Memimpin divisi Projects & Event Management. Pernah mengikuti Dutch Jazz Meeting di Amsterdam, Belanda. Selama dua tahun dipercaya menjadi Ketua Festival Kesenian Yogyakarta (2007, 2008) selain sebagai Program Director, Bali Jazz Festival dan Ngayogjazz

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
WhatsApp Perlu bantuan?