News

Komunitas UNJazz menyemarakkan Jazz di Jakarta

Berita menggembirakan, satu lagi komunitas jazz di ibukota lahir, yakni UNJazz. Lahir di kalangan civitas kampus Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang dulunya dikenal sebagai Institut keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) di Rawamangun Jakarta Timur.

Otti Jamalus
Otti Jamalus, "Jazz itu harus jujur"

Lahirnya Komunitas ini, karena “keirian” terhadap beberapa kampus yang telah memiliki komunitas dan event jazz. Bahkan beberapa lembaga musik dan tempat kursus yang telah memiliki komunitas jazz yang telah dikenal, seperti JGTC UI dan komunitas Jazz Chics. Oleh karenanya RM Aditya Andriyanto sebagai penggagas komunitas ini berinisiatif mendirikan komunitas ini.

Bukan hanya itu, cita–cita lainnya papar Aditya yang juga personil Kulkul Band ingin ikut memasyarakatkan musik jazz lebih luas , khususnya di UNJ. Disamping melihat potensi yang besar dari mahasiswa dan alumni di jurusan musik di UNJ cukup banyak yang sementara ini berjalan sendiri-sendiri.

Komunitas UNJazz dibentuk Maret 2009. Di komunitas ini menjadi tempat bermain, sharing, & belajar musik jazz, walaupun basic akademis jurusan seni musik UNJ adalah musik klasik. Tapi bersyukurlah pihak kampus sangat mendukung.

Otti Jamalus
Otti Jamalus

Mengenai nama UNJazz memang diadopsi dari nama grup jazz yang dibentuk alumni yg dulu pernah juara di JGTC. Sebagai bentuk penghargaan terhadap grup tersebut, maka dipakailah nama UNJazz sebagai nama komunitas.

Kegiatan rutin komunitas ini adalah jamming saban Jumat di lingkungan kampus. “Karena kami kampus pendidikan”, jelas Aditya, “konsepnya bukan hanya main tapi juga sharing & mentoring dr alumni, senior bahkan musisi. Rencana kedepan, kami bisa kerjasama dengan semua komunitas, pihak penyelenggara event jazz & para musisi membuat event seperti JGTC dengan konsepnya tak hanya bersifat hiburan tapi ada sharing dan bermuatan mendidik”, tambahnya lagi.

Pada acara softlaunce komunitas ini, dimeriahkan juga oleh Otti Jamalus and Friend, Tigamawarnih, Kulkul band dan Didit (violinis) – orang orang yang dekat dengan komunitas ini, seperti Otti alumnus IKIP dan Didit yang masih berstatus Mahasiswa UNJ.

UNJazz Community
UNJazz Community
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker