News

Serambi Jazz Juni hadirkan Bintang Indrianto ‘Akordeon’ dan Indra Aziz Beatpop project

Penikmat musik Jazz Indonesia yang tinggal di Jakarta akan kembali mendapat suguhan musik berkualitas nan segar. Adalah Serambi Jazz yang untuk kesekian kalinya menghadirkan konser apik dan menarik. Kali ini Bintang Indrianto dengan proyek Akordeonnya bersama Indra Aziz dengan Beatpop projectnya feat Riza Arshad akan menyajikan karya terbaik mereka pada Kamis, 11 Juni 2009 mulai pukul 19.30.

Acara akan digelar di Goethe Institut, Jl. Sam Ratulangi No. 9-15 Menteng Jakarta Pusat dan tidak dipungut biaya alias gratis.

Siapa saja pendukung dua kelompok diatas?, simak lebih lanjut berikut ini.

Bintang Indrianto Akordeon

Ini merupakan proyek Bintang yang kesekian kalinya. Nama Akordeon sebenarnya adalah judul album yang digarap Bintang Indrianto (fretless bass), Kiki Dunung (kendang), Taufan Siswadi (drums) dan Imam Garmansyah (akordion) yang didistribusikan secara independen.

akordeon

Bintang Indrianto sendiri telah merilis dan menggarap sejumlah album mulai dari Jazzybass, Jazzyduet, JazzySax, Jazzy Chrismast hingga proyek Sound of Belief dan Sugeng Sarjadi ‘Talking to You’ bersama Idang Rasjidi. Yang teranyar adalah Philosophy bersama Arief Setiadi dan Gerry Herb.

Dalam album Akordeon, Bintang juga dibantu Cecilia Ventura (Sol Project), Damaris “Cubana” Morales, Steve Wilson, Joe Parthenos dan Sherly O.

Seperti apa persisnya bunyi dari Akordeon-nya Bintang ini?. Anda dapat membuktikannya dengan hadir dalam konser Serambi Jazz.

***

Indra Aziz’ Beatbop Project

Beatbop Project terdiri dari 4 orang musisi, yaitu Indra Aziz pada alto saxophone dan vocal, Riza Arshad (simakDialog, Trioscapes), seorang pianis dan komposer senior yang sangat peduli kepada musisi jazz generasi muda akan memainkan Fender rhodes. Indra Perkasa, seorang komposer/arranger yang saat ini fokus kepada musik film pada double-bass, dan Billy Tamnge aka BdaBX, salah satu pendiri komunitas Indobeatbox yang akan menggunakan seni perkusi vokal atau dikenal dengan sebutan human beatbox. Keempat musisi tersebut pernah bersentuhan dalam berbagai proyek, namun belum pernah bekerjasama dalam satu proyek yang sama.

Pada pementasan kali ini, IAP akan menampilkan beberapa komposisi orisinil dari Indra Aziz dan Riza Arshad. Beberapa komposisi tersebut belum pernah di-publish sebelumnya. Ada yang sudah lama ditulis dan ada juga yang terbaru. Rencananya sejak penampilan perdana mereka di Serambi Jazz, proyek ini akan dilanjutkan ke dalam proyek rekaman. Bunyi-bunyian yang dihasilkan cukup unik, bahkan codong ke musik elektronik karena suara yang dihasilkan beatbox mirip dengan MIDI. Sebetulnya penggabungan human beatbox dan instrumentalis bukan konsep baru, di luar negeri sudah ada Lilo Rantala Trio dengan Felix Zenger, dan ada pula duo mouth organ. Namun baru kali ini musiknya fokus kepada komposisi jazz yang sarat akan improvisasi.

Billy Tamnge a.k.a BdaBX adalah beatboxer kelahiran Papua. Billy adalah salah satu pendiri komunitas Indobeatbox bersama Tito a.k.a Titz G Fade 2 Black dan Indra Aziz. Saat ini selain aktif mempromosikan beatbox ke seluruh nusantara, ia juga aktif bernyanyi dalam paduan suara.

Indra Perkasa adalah komposer, arranger, dan pemain double-bass. Ia menyelesaikan studinya di IMDI dan melanjutkan studi film-scoring di California, A.S. Saat ini Indra aktif mengajar di IMDI dan juga sibuk dengan berbagai proyek film.

Indra Aziz adalah seorang vokalis dan saxophonist dari jakarta. Saat ini selain aktif bermain dan tampil di berbagai tempat, ia juga mengajar sebagai dosen tamu di UPH Karawaci.

Riza Arshad adalah komposer dan pianist senior yang sudah tidak asing lagi bagi dunia jazz Indonesia. Riza adalah musisi yang sangat peduli dengan regenerasi musik jazz di Indonesia. Riza Arshad memotori grup simakDialog dan Trioscapes. Ia juga seorang pengajar masterclass jazz di IMI.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker