FestivalJazz di Batam & BintanNews

Notturno tampil di Asean Jazz Festival dengan formasi baru

Kelompok Notturno awalnya digawangi trio Masmo (keyboard), Hendrawan (drums) dan Joshua Arifin (acoustic bass). Namun pada penampilan mereka di Asean Jazz Festival 2009 yang digelar di kawasan Wisata Ocarina Batam, formasi ini bertambah dua orang personil menjadi quintet.

Adalah saxophonis muda Yudha, yang awalnya hanya sebagai sidemen, kini bergabung resmi, plus vocalis wanita Adhyuta Abandhika. “Acara Asean Jazz Festival 2009, kami jadikan sebagai momen untuk mengukuhkan formasi quintet ini”, demikian ujar Masmo, juru bicara Notturno.

Notturno yang cukup memiliki jam terbang diberbgai pertunjukan musik jazz berskala festival di Indonesia dengan antara lain tampil di Java Jazz Festival, Malacca Strait Jazz Festival dan Ngayogjazz ini telah merilis album berjudul Volume 1: Akoustika Adventure

Proses kreatif mereka yang dimulai dari Februari 2007 berlangsung mulus. Keliaran ide hasil pengalaman musikal cak Hend dan Masmo, menyatu secara harmonis dan lebih tersruktur oleh pengetahuan teoritis musik Joshua yang belajar musik secara formal di Institut Musik Daya Indonesia. Hingga akhirnya Notturno (diambil dari kata bahasa Italia, yang berarti “malam gelap”) memiliki materi-materi lagu yang memiliki ciri khas.

“Formasi ini akan kami lanjutkan hingga album kedua yang akan segera dirilis”, tambah Masmo lagi. “Album bagian kedua berjudul Vol: 2 Lyrikal Adventure sebagai bagian dari trilogi, akan besama Yudha dan Adhyuta”.

Ketika ditanya soal materi lagu apa yang akan dibawakan, Masmo menyatakan bahwa akan ada kombinasi antara album perdana dan beberapa lagu baru yang akan muncul di album kedua. “Tapi kami juga akan bawakan karya Miles Davis, All Blues”, pungkasnya.

Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker