News

Gitaris Les Paul tutup usia di 94 tahun

Menyebut nama Les Paul, maka sulit melepaskan dengan gitar yang berasosiasi dengan dirinya. Inventor, inovator, musisi dan pencipta lagu ini memiliki nama besar dalam dunia musik karena gitar elektrik Gibson ‘Les Paul Standard’ buatannya  tahun 1952 – salah satu inovasi yang diciptakannya.

les-paul

Les Paul yang terlahir dengan nama Lester William Polsfuss meninggal dunia karena komplikasi radang paru-paru akut di White Plains, New York, Kamis 13 Agustus 2009 dalam usia 94 tahun.

Pria yang ikut mempopulerkan teknik overdubbing dan rekaman dengan multitrack di tahun 50-an ini tak hanya bermain jazz, namun musik country dan rock ’n’ roll, bahkan memiliki pengaruh besar pada musik populer Amerika.

“Saya melihat gitar itu seperti seorang bartender hebat, psychiatrist, sekaligus istri” ujar Paul suatu ketika diinterview majalah jazz DownBeat.

Paul awalnya bermain harmonika, banjo dan gitar dalam sebuah band beraliran country di Midwest. Terpengaruh oleh gitaris Django Reinhardt dan Eddie Lang, ia pindah ke New York tahun 1936.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker