NewsProfile

Satoko Fujii – Pembawa Gema Baru Musik Jazz

Salah Seorang Musisi yang Membawa Gema Baru Musik Jazz.

Satoko Fujii
Satoko Fujii

Bagi Satoko Fujii, seorang pianis dan musisi, habitat musikalnya terbagi dua tempat. Dia membagi waktunya antara di New York dan Tokyo dimana dia mempunyai berbagai aktivitas yang menyangkut kariernya sebagai musisi jazz yang tampil di berbagai pentas serta rekaman di studio. Dia juga telah menerima banyak pengakuan berkaitan dengan karya musiknya terutama usahanya untuk kombinasi yang unik antara musik jazz dengan musik tradisional Jepang maupun dengan musik klasik kontemporer. Banyak karyanya cukup mengesankan, permainannya sendiri telah dibandingkan musisi jazz sekaliber Cecil Taylor, Keith Jarrett, Don Pullen, Paul Bley, Marilyn Crispell dan Myra Melford. Ada juga yang bilang bahwa kemampuannya untuk memimpin sebuah band sejajar dengan George Russell. Sampai saat ini, dia sudah me-release sebelas album sebagai seorang leader maupun sebagai co-leader.

Ia cukup aktif tampil di berbagai klub dan festival jazz di seluruh dunia, termasuk pada tahun 1998 tampil di Texaco New York Jazz Festival, Tonic (NY), Knitting Factory (NY), Willow Jazz Club (Boston), Pit Inn, Dug, Buddy (Tokyo) juga pada tahun 1998 dan 1999 tampil di Yokohama Promenade Jazz Festival. Selain itu, dia juga diundang oleh Japan Fondation untuk menampilkan konser solo di dalam sebuah kesempatan pada tahun 1999 di Toronto Downtown Jazz Festival dan pada bulan Maret tahun lalu dia ambil bagian dalam acara perayaan ke-300 rangkaian konser piano di Smithsonian Institution (Washington DC). Album-albumnya serung tampil di daftar sepuluh besar versi kritikus musik jazz sebagai The Best Cd Of The Year. Pada tahun 2000, dia mendapat penghormatan dari The Journalists Association’s Jazz Award untuk nominasi Composer of the Year disamping nama-nama tokoh jazz pendahulunya yang sudah ternama seperti Andrew Hill, Chick Corea, Dave Douglas, Dave Holland, Wynton Marsalis dan Sam Rivers.

Fujii bermain piano sejak umur empat tahun dan sampai umur sebelas tahun dia belajar musik klasik. Kemudian dia menyadari bahwa improvisasi yang datang dengan begitu mudahnya ketika dia masih anak-anak, sekarang menjadi begitu sulit. Dia kemudian memutuskan untuk berhenti bermain piano dan membentuk sebuah band dimana anggotanya hanya bernyanyi dan tepuk tangan saja untuk mengeksplor asal usul musik. Satu tahun kemudian dia mulai merubah fokusnya untuk belajar improvisasi musik jazz dan kembali bermain piano. Dia terinspirasi dari gurunya Koji Taku, seorang komposer dan pianis musik klasik yang pada usia 60 tahun di keluar dari pekerjaan sebagai kepala departemen piano di Tokyo Collage of Art and Music untuk bermain musik jazz. Inspirasi lain adalah dari pianis jazz Jepang Fumio Itabashi yang pernah bermain dengan Elvin Jones dan Ray Anderson. Akhirnya, dia belajar privat dengan Itabashi. Supaya mendukung perhatiannya ke musik jazz, dia harus pergi dari rumahnya karena orang tuanya menginginkan dia untuk melanjutkan studinya dengan musik klasik. Dengan demikian dia harus berjuang untuk menghidupi dirinya sendiri dengan menyewakan ruang piano.

Pertama datang ke Amerika Serikat pada tahun 1985 setelah dia mendapatkan beasiswa untuk masuk ke Berklee Collage of Music. Gurunya di sana adalah Herb Pameroy dan Bill Pierce. Setelah lulus pada tahun 1987 dengan predikat magma cum laude Diploma Musik-nya, dia kembali ke Jepang untuk berkarier dalam musik jazz. Dimana banyak pengalamannya termasuk tampil di beberapa klub jazz terkemuka di Tokyo dan Yokohama dan mengajar di Yamaha Popular Music School sampai selama tujuh tahun dia tampil di sebuah acara musik televisi dan melakukan beberapa rekaman untuk sebuah perusahaan software komputer. Beberapa kelompok musik dari Jepang yang dia pernah terlibat adalah Tobifudo, Teruaki Todo dan pernah pula bermain di Joseph Jarman & Douglas Ewart Ensemble. Sebagai debutannya adalah Tobifudo pada tahun 1990. Dalam tahun 1993, dia mendapatkan kesempatan kembali untuk belajar di New England Conservatory of Music dan lulus pada tahun 1996. Di antara para gurunya di tempat bergengsi itu ada George Russell dan Paul Bley.

Beberapa Discography-nya:
1. Something About Water (Libra; 1996) : sebuah karya duet dengan Paul Bley.
2. Indication (Libra;1997): solo piano
3. How Many? (Leo Lab; 1997): tampil duet dengan suaminya sendiri pada trumpet, Natsuki Tamura
4. Looking Out Of The Window (Nippon Crown;1998)
5. South Wind (Leo Lab; 1998)
6. Kitsune-bi (Tzadik; 1999)
7. Past Life (Libra; 1999)
8. Jo (Buzz; 2000): tampil bersama big band
9. Double Take (East Works; 2000): big band
10. Toward To West (Enja; 2000)
11. April Shower (East Works; 2001)

diposting pertama kali 08 Juni 2001

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker