News

Konser 25 tahun Krakatau di Bentara Budaya Jakarta

Bentara Budaya Jakarta memprsembahkan sebuah konser dalam rangka 25 tahun  kelompok musik Krakatau yang dikomandani Dwiki Dharmawan, Pra Budi Dharma dan kawan-kawan pada hari Kamis, 22 Oktober 2009 mulai pukul 19.00 wib. GRATIS.krakatau

Grup musik yang didirikan di Bandung tahun 1984 merupakan salah satu grup yang masih aktif dan tak pernah lelah berkarya dalam blantika musik Jazz Indonesia.

25 tahun perjalanan panjang kelompok yang awalnya digawangi Dwiki Dharmawan, Pra B Dharma, Budhy Haryono dan Donny Suhendra ini telah menjadi bagian penting dari sejarah musik di Indoesia.

Sejumlah artis yang pernah bergabung antara lain Harry Moekti, Ruth Sahanya, Gilang Ramadhan, Indra Lesmana dan Trie Utami.

Perubahan yang cukup frontal terjadi di tahun 1992 ketika formasi kembali menjadi Dwiki, Pra dan Budhy Haryono bersama Trie Utami yang melakukan eksplorasi terhadap musik tradisi terutama Sunda. Perubahan tersebut akhirnya mengawali debut mereka ke arena Internasional.

Setelah perubahan tersebut lahirlah karya-karya seperti album Mystical Mist, Magical Match, 2 Worlds dan Rhythm of Reformation yang membuat Krakatau melanglang buana dan tampil di ajang Jazz Festival internasional yang bergengsi.

Diantaranya North Sea Jazz Festival, Pesta Raya – Malay Festival of Arts di Singapura, Montreux Jazz Festival, Sziget Festival, Toronto Downtown Jazz Festival, Vancouver Jazz, Guanajuato Festival, Lincoln Center for The Performing Arts, Cervantiono festival di Meksiko.

Kini formasi terakhir Krakatau adalah

Krakatau dipilih oleh Pemerintah menjadi salah satu Duta ‘VisiIndonesia Year 2008’ dan ‘Visit Indonesia Year 2009’ dengan misi kebudayaan keberbagai negara.

Untuk menandai perjalanan panjang kiprahnya akan dipamerkan pula memorabilia 25 tahun Krakatau yang akan berlangsung selama 4 hari mulai dari tanggal 22 hingga 25 Oktober 2009.

Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker