News

Konser amal merayakan 30 tahun radio jazz WBGO

wbgoRadio jazz yang mengudara dari Newark New Jersey Amerika Serikat WBGO merayakan 30 tahun berkiprah di udara dengan menggelar konser Champion of Jazz dengan para bintang tamu antara lain Clayton-Hamilton Jazz Orchestra, vokalis  Ernie Andrews, Freddy Cole, Stefon Harris dan Nikki Yanofsky.

Selain konser diberikan pula penghargaan untuk individu dan organisasi yang memberikan kontribusi pada masa depan jazz. Tahun ini penghormatan tersebut diberikan kepada jazz master Paquito D’Rivera, dan Majalah Downbeat yang merayakan ulang tahun ke-75.

Konser akan digelar di Rose Theater di Frederick P. Rose Hall, tempat yang biasanya disebut sebagai home of Jazz di gedung Lincoln Center New York.

Kegiatan ini berfungsi mengumpulkan dana untuk menghidupi kegiatan siaran radio jazz WBGO. Tiket dijual seharga 30 hingga 95 dolar. Informasi lebih lanjut silakan kunjungi situs www.wbgo.org/benefit.

***

Selain dapat dipantau dari New York, WBGO juga dipancarluaskan via Jazz88.3 FM Jersey dengan program mainstream jazz, blues, dan diselingi informasi dan berita terhangat. WBGO didukung sekitar 17,000 anggota tahunan dan kurang lebih 400,000 pendengar mingguan via Jazz88.3 FM serta pelanggan global yang mengakses via jaringan internet lewat situs www.wbgo.org.

Jazz88 mendapatkan predikat “Jazz Station of the Year” leh Gavin Report, juga penghargaan Blues Foundation’s “Keeping the Blues Alive Award” untuk radio non komersil.

***

Program radio dengan model berlangganan mengisyaratkan bahwa radio komunitas dapat tumbuh dan berkembang sepanjang ada dukungan nyata dari para penikmat setianya. Hal ini mengingatkan kita pada nasib radio CNJ 99.9 FM di Jakarta yang terpaksa berhenti siaran lantaran minimnya dana operasional.

Barangkali pula, semangat yang dikobarkan oleh WBGO bisa menjadi titik tolak hadirnya radio komunitas jazz di Indonesia atau khususnya Jakarta dengan membuat jaringan ke radio jazz lain yang sudah lebih dahulu mapan seperti KLCBS di Bandung atau Ardia FM di Yogyakarta.

Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker