Jazz di JogjaKomunitasNews

Album kompilasi komunitas jazz Jogja dirilis di Ngayogjazz 2009

Tidak ada latar belakang yang khusus dengan ide pembuatan CD kompilasi Komunitas Jazz Jogja, hanya melihat bahwa kegiatan komunitas cukup aktif, musisi yang bermain jazz di Jogja juga cukup banyak dan cukup aktif bahkan beberapa sudah membentuk grup, karena sering berkumpul dengan mereka dan ngobrol-ngobrol juga dengan Mas Djaduk, jadinya keluar ide untuk membuat rekaman yang berisi kompilasi dari grup-grup yang ada. Kebetulan juga mereka (komunitas) selalu terlibat dalam Ngayogjazz, akhirnya Komunitas Jazz dan Ngayogjazz bekerjasama mewujudkan rekaman ini.

Ada sekitar 7 grup jazz yang terlibat dalam kompilasi ini, bahkan ada satu grup dari Solo, karena temen2 Solo ini juga sering datang ke jogja untuk “ngejam” bareng, grup yang ikut antara lain, Mid Session, Mr Dance and The Legacy, Living Room, Funky Man, Yovia Project, Das Smoothly kemudian The Quartet. Grup-grup tersebut dalam rekaman ini memainkan karya mereka sendiri, dan tiap grup hanya satu lagu yang dimasukkan, dan jazz yang dimainkan juga tidak terpaku pada satu genre saja, justru dengan bermacam-macam gaya yang berbeda dari tiap grup ini bsia menunjukkan keragaman musik jazz di Jogja.

Harapannya ni bisa menjadi satu dokumentasi musik jazz di jogja, kemuadian para musisi jazz jogja akan semakin dikenal, baik namanya, grupnya maupun karya-karyanya, dan dengan begitu mungkin nantinya musisi-musisi jazz jogja bisa bermain di festival-festival nasional bahkan mungkin internasional.

Aji Wartono
Ngayogjazz – Wartajazz.com

kompilasi-ngayogjazz
Kompilasi Ngayogjazz Jazz basuki mawa beya

Demikian tulisan yang termuat dalam CD yang memuat 7 track dan dibandrol dengan harga IDR 30.000,- ini.  Ketujuh track tersebut antara lain :

1. Childhood by The Quartet
2. Touch Of Slendro by Funkyman
3. Serenity by Das Smoothly
4. Incredible Wheel by Mid Season
5. Mayday Miles by Living Room
6. Children’s Playground by Yovia Project
7. BBB (Bukan Blues Biasa) by Mr. Dance and Jazz Legacy

Perjalanan membuat kompilasi ini memang impian lama semenjak WartaJazz.com banyak bersentuhan dengan kegiatan komunitas utamanya penggemar musik jazz di Yogyakarta. Dikota-kota lain termasuk Jakarta dan Bandung misalnya, juga mengimpikan hal serupa.

Dokumentasi perjalanan musik teman-teman musisi muda terutama, seringkali menjadi satu hal yang ‘rumit’ untuk dikerjakan mengingat tidak adanya standard atau pola baku yang bisa dicontoh atau diikuti, apalagi kebanyakan komunitas jazz yang tidak selalu memiliki struktur organisasi yang jelas – seperti ketua dan perangkat organisasi pada umumnya – yang mengakibatkan terkadang ide membuat kompilasi hanya menjadi wacana belaka.

Bukan sebuah kebetulan barangkali album ini di luncurkan bersamaan dengan kegiatan pertemuan Komunitas Jazz se-Indonesia yang menjadi bagian acara Ngayogjazz 2009. Mereka yang hadir dalam pertemuan tersebut tentu saja mendapat album kompilasi ini secara gratis.

Rekaman ini diproduksi bersama antara, Ngayogjazz, Djaduk Ferianto & Studio Kua Etnika, Komunitas Jazz Jogja dan WartaJazz.com, desain sampulnya yang unik dibantu oleh Dagadu Djokja.

Teman-teman Komunitas Jazz Yogyakarta sudah memulai dan berharap komunitas-komunitas jazz di kota lain melakukan upaya yang sama.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

9 Comments

  1. Mau tanya, kalau di jogja CD bisa saya beli dimana? apa harus order online? untuk harganya berapa ya? mohon jawabannya..terima kasih

  2. dateng aja setiap senin malem jam 20.30 – 12.30 di halaman kantor Kompas belakang gedung Telkom dket stadion kridosono. di situ ada Jazz jam session rutin, jg dijual CD kompilasi ngayogjazz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker