News

Iwan Hasan sajikan Chamber Jazz di Bentara Budaya Jakarta bersama Andien, Mery dan Enggar

Iwan Hasan – gitaris pemain harpa gitar yang juga pentolan grup Discus – akan tampil bersama Andien, Mery Kasiman (piano), Enggar Widodo (tuba) dalam sebuah proyek Chamber Jazz. Quartet ini akan memainkan mayoritas nomor-nomor jazz standard yang di aransemen untuk gitar – vokal – piano – tuba. Acara digelar di Bentara Budaya Jakarta, Kamis 17 Desember 2009 mulai pukul 19.30 WIB dan tidak dipungut biaya.

Saat ditanya lebih lanjut Iwan Hasan yang menjelaskan lewat facebook menerangkan “Hal ini menarik, sebab tuba berfungsi sebagai bassist. Kita ga pake bass gitar ataupun contrabass. Bass nya ya tuba itu. Dan ga pake drum”, ujarnya.

Enggar mungkin satu-satunyanya pemain tuba yang bisa bermain tuba dalam fungsi sebagai bassist jazz (walaupun dia lebih dikenal sebagai pemain trombone). Personil ini benar-benar dipilih oleh Iwan Hasan dan menurutnya lineup ini adalah musisi terbaik untuk memainkan konsep Chamber Jazz ini. “Enggar juga akan memainkan solo tuba”, tambahnya lagi.

***

Dalam penjelasan lewat facebook Iwan Hasan menulis, “It’s not fusion, it’s not jazz rock. It’s just, well… jazz, presented in our own way, arranged for the instruments we play, with the TUBA functioning as the bass instrument”.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker