News

Wordpress 2.9 dirilis dengan code name Carmen McRae

Hari ini engine yang menjadi tulang punggung website WartaJazz – Wordpress merilis versi teranyar 2.9 dengan kode Carmen yang tak lain adalah Carmen McRae sebagai penghormatan pada penyanyi, aktris, komposer dan pianis yang lahir di Harlem dari keluarga keturunan imigran Jamaika.

carmen-sings-monk

Sebelumnya kami pernah pula menurunkan tulisan tentang Chet Baker dan Wordpress 2.8 dan kegiatan Wordcamp Indonesia, dimana WartaJazz menjadi media partner dan sponsor acara tersebut.

Kami tak akan membahas soal Wordpress 2.9 sebab anda bisa mencari tahu dari link berikut, namun kami ingin sedikit mengupas siapa Carmen McRae.

***

Ia lahir 8 April 8, 1920 dan memiliki karir lebih dari 50 tahun didunia musik jazz. Wanita yang lebih muda 8 tahun dari idolanya Billie Holiday ini memiliki keunikan tersendiri. Meski tak pernah menyandang gelar pemenang Grammy Award, namun ia tercatat menjadi nominator sebanyak tujuh kali salah satunya lewat album Carmen sings Monk (1990, Novus).

Berbeda dengan dengan Ella Fitzgerald yang memiliki pitch sempurna atau Sarah Vaughan yang bisa melompat diberbagai oktaf dengan suaranya, Carmen McRae mampu membuat pendengarnya menitikkan airmata saat suara keluar dari kerongkongannya, dan ini memang menjadi kemahirannya. Kelebihannya tentu saja merupakan kombinasi kepiawaian memainkan piano dan menciptakan konotasi saat ia bernyanyi.

Beberapa rekaman miliknya yang menarik antara lain, Mad About The Man (1957) with composer Noël Coward, Boy Meets Girl (1957) bersama Sammy Davis, Jr., lalu berpartisipasi di album Dave Brubeck’s The Real Ambassadors (1961) bersama with Louis Armstrong. Lantas duet bersama Betty Carter, The Carmen McRae-Betty Carter Duets (1987), lalu Carmen Sings Monk (1990), dan Sarah Vaughan, Sarah: Dedicated to You (1991).

Carmen yang perokok berat – bahkan menolak untuk berhenti ini – meninggal 10 November 1994 karena stroke setelah sebelumnya mengalami masalah pernafasan.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker