NewsReview

Joe Zawinul & The Zawinul Syndycate “75”

Joe Zawinul & The Zawinul Syndycate "75"

Joe Zawinul & The Zawinul Syndycate “75”
Heads Up Records

Track
1 Introduction to Orient Express         3:10
2 Orient Express         10:07
3 Madagascar         10:00
4 Scarlet Woman         6:55
5 Zansa II         6:39
6 Cafe Andalusia         8:52
7 Fast City Two Lines         12:37
8 Clario         5:45
9 Badia Boogie Woogie Waltz         10:16
10 Happy Birthday         1:39
11 In a Silent Way         14:20
12 Hymn         3:30

Kesan pertama setelah selesai mendengarkan album Joe Zawinul & The Zawinul Syndicate adalah “luar biasa”. Di ulang tahunnya yang ke 75 Joe Zawinul masih mampu mempertunjukkan permainnya yang energik dan memukau dalam sebuah konser live, penampilan Zawinul ini benar-benar tidak menunjukkan kondisi fisik Zawinul yang sebenarnya cukup lemah akibat penyakit kanker kulit yang dideritanya.

Bersama The dengan musisi-musisi yang berasal dari berbagai negar yang berbeda seperti Sabine Kabongo (vocals, percussion/Kongo), Alegre Correa (vocals, berimbau), Linley Marthe (bass/Mauritus), Paco Sery (drums, kalimba, vocals/Pantai Gading), Jorge Bezerra (Perkusi,Vokal/Brazil), Aziz Sahmaoui (Perkusi, Vokal/Maroko) Wayne Shorter saxophone (CD2 track 5).

Di dalam album ini terdapat 12 lagu dimana 11 diantaranya merupakan karya Joe Zawinul. Album ini juga seolah menjadi sebuah rangkuman perjalanan musik Joe Zawinul selama ini, Ada ‘In A Sillent Way’ dari era ketika Zawinul bermain bersama Miles Davis, ada juga beberapa karya Zawinul ketika bersama Weather Report seperti ‘Boogie Woogie Waltz’, ‘Scarlet Woman’, ‘Madagascar’ hingga karya Zawinul setelah bubarnya Weather Report seperti ‘Orient Express’, ‘Zanza’ dan ‘Café Andalusia’.

Secara total album ini memberikan suatu warna yang berbeda terhadap karya-karya Zawinul,  semua lagu di album ini diaramsemen ulang dengan warna dan nuansa baru, pada “Orient Express” yang ada tampil sebagai pembuka di CD pertama album ini , Zawinul seolah menumpahkan semua skillnya di “Orient Express” ini ditambah permain bass asal Mauritus Linley Marthe memberikan sentuhan funk di lagu ini. Sentuhan vokal Aziz Sahmaoui pada lagu ini juga menambahkan kesan world fusion walaupun secara keseluruhan terasa lebih kental pengaruh jazz rock yang dihadirkan oleh Zawinul daripada nuansa world fusionnya.

‘Scarlet Woman’ dari Album milik Weather Report “Mysterious Traveler” juga tampil dengan aransemen baru, dimaninkan tempo yang cepat dan dan dibalut sentuhan funk bassis Linley Marthe yang memberikan suatu nuansa berbeda pada lagu  ini walaupun pengaruh Jaco Pastorius dalam permainan Linley Marthe masih terasa kental.

Salah satu lagu yang juga sangat menarik di album ini  adalah ‘In A Silent Way’. Menjadi sangat menarik karena di dalam duet Shorter dan Zawinul ini bermain sangat impresif  dan intens. Ketika menyimak lagu ini kita seolah-olah diajak untuk mengikuti sebuah pembicaraan yang menarik antara Shorter dan Zawinul dalam sebuah karya musik.

Secara total album ini  tetap menarik perhatian walaupun kadang-kadang Zawinul bermain agak monoton pada beberapa buah lagu seperti pada ‘Orient Express’ dan ‘Madagascar’. Aransemen baru memberikan rasa yang berbeda terhadap karya-karya Zawinul, walaupun rasa Weather Report dalam album ini masih kental dan satu hal yang perlu diingat, dalam album ini Zawinul bermain dalam kondisi yang bisa dikatakan “sekarat” tapi tetap mampu memberikan permainan yang menarik tanpa menunjukkan kondisi fisiknya yang sebenarnya.

Reply

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
WhatsApp Perlu bantuan?