FestivalJava Jazz FestivalNewsProfile

Roy Hargrove … “Singa Muda” yang Sudah Dewasa

Seorang American jazz trumpeter yang juga masuk pada jajaran “The Young Lions” dengan ciri khas jazz, funk, hip-hop, soul dan gospel musik. Hargrove bertemu dengan trumpeter kawakan Wynton Marsalis ditahun 1987, ketika Wynton berkunjung lagi ke sekolah Roy, dia terkesan dengan bakat dan permainan Roy Hargrove, dan di sinilah mulai karir Hargrove, dia diajak Wynton untuk bermain dengan musisi-musisi jazz senior seperti Bobby Watson, Ricky Ford, Carl Allen dan juga bergabung dengan grup Super Blue. Sadar akan bakat dan potensinya, Hargrove akhirnya mulai membuat solo album pertamanya di tahun 1990 dibawah label RCA-Novus dengan grupnya Roy Hargrove Quintet dan album “Diamond On The Rough” menjadi titik awal. Setelah menghasilkan empat album di RCA, pada tahun 1993 Hargrove menandatangai kontrak dengan label besar yaitu Verve – Polygram. Sampai saat ini Hargrove telah menelurkan kurang lebih lima belas album dengan berbagai formasi hingga kini. Termasuk bersama formasi Quintet yang terdiri dari Roy Hargrove (trumpet, Flugelhorn), Justin Robinson (saxophone), Gerald Clayton (piano), Danton Boller (bass), Montez Coleman (drums). Melalui formasi ini Hargrove mengeluarkan dua album diantaranya “Nothing Serious” (2006) dan “Ear Food” (2008). Hargrove juga membentuk sebuah grup yang memadukan jazz dan unsure musik kini seperti hip hop, RnB , Soul dan Funk yaitu The RH Factor yang mendapat sambutan yang bagus dari para penggemar musik jazz maupun di luar jazz, disini dia mengajak para vokalis RnB tenar Erykah Badu.

Pada tahun 1993 ia bergabung dengan Lincoln Center Jazz Orchestra dan menulis “The Love Suite: in Mahogany”. Ia berhasil meraih Grammy Awards lewat album “Habana” bersama band bergaya Afro-Cuban bernama Crisol ditahun 1998 untuk Best Latin Jazz Performance. Bersama Herbie Hancock dan Michael Brecker lewat album “Directions in Music: Live at Massey Hall” Roy meraih Grammy Awards lagi di tahun 2002 untuk kategori Best Jazz Instrumental Album, Individual or Group.

Saat ini Roy Hargrove juga disibukan dengan dua Big Band dimana dia sangat berperan penting yaitu Dizzy Gillespie All Star Big Band yang baru saja merilis album I’m BeBopin Too dan Roy Hargrove Big band dengan album perdananya “Emergence”. “Singa muda” yang sekarang sudah menjadi dewasa dan mengaum dengan tiupan trumpetnya mengetarkan dunia musik jazz.

Ajie Wartono

Memimpin divisi Projects & Event Management. Pernah mengikuti Dutch Jazz Meeting di Amsterdam, Belanda. Selama dua tahun dipercaya menjadi Ketua Festival Kesenian Yogyakarta (2007, 2008) selain sebagai Program Director, Bali Jazz Festival dan Ngayogjazz

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
WhatsApp Perlu bantuan?