FestivalNews

Bangkok Jazz Festival 2010, Laporan Hari Pertama

Penyelenggaraan Bangkok Jazz Festival 2010 digelar di halaman sebuah Mal ternama CenterWorld yang terletak tak jauh dari BTS (Bangkok Train Station) Chid Lom mulai tanggal 9 hingga 14 Maret 2010. Sebuah panggung terbuka dilengkapi dengan kursi tersedia buat penonton yang sekedar sambil melewati pusat perbelanjaan ini dan sebuah lagi dibangun dalam tenda berkapasitas sekitar 600an pengunjung.

Hari pertama ini panggung terbuka yang diberi nama Educational & Cultural Stage menyajikan tiga grup sekaligus yaitu Fat Free (ABAC), Bangkaitia (Silapakorn) dan Jetset’er. Nama yang disebut terakhir muncul tiba-tiba pada hari Selasa, tanpa penjelasan lebih detail. Seyogyanya Barry Likumahuwa Project tampil menutup stage terbuka pada hari pertama Bangkok Jazz Festival.

Belakangan penulis baru faham setelah mendapat kabar dari Raymond, manager BLP bahwa mereka urung tampil karena situasi dalam negeri Thailand terutama kota Bangkok saat itu yang menurut panitia kurang kondusif sehingga mereka pulang lebih cepat dari jadwal yang ditentukan.

Sementara ini di panggung berpendingin udara tepat pukul tujuh malam waktu setempat Christian McBride & Inside Straight dengan anggotanya yaitu  Steve Wilson (saksofon alto), Warren Wolf, Jr. (vibrafon), Peter Martin (piano), dan drummer murah senyum, Ulysses Owens, Jr. membuka malam pertama festival meski ditingkahi musik tekno.

Apa sebab, karena tak jauh dari McBride tampil, ada sebuah brand shampoo sedang menyelenggarakan acara dihalaman mal yang sama. Sebuah kebetulan yang sedikit banyak mengganggu penampilan bassist murah senyum ini. Namun ia tetap berusaha menampilkan yang terbaik. Meluncur karya trumpeter kenamaan Miles Davis bertitel No Blues disusul ‘Brother Mister’ yang diambil dari album Kind of Brown.  Unison vibraphone lembut berpadu dengan saxophone, merupakan salah satu aksi menarik malam itu.

McBride melanjutkan dengan nomor tribute untuk Freddie Hubbard, ‘Theme for Kareem’. Trumpeter yang wafat akhir tahun 2008 silam merupakan salah satu orang yang memberinya kepercayaan untuk bekerjasama.

Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker