News

SOL Project goes to Betawi di Bentara Budaya Jakarta

SOL PROJECT, kelompok yang dikenal lewat sajian musik Amerika Latin bercampur dengan berbagai jenis musik lain akan tampil dalam sajian khusus bertajuk SOL PROJECT goes to Betawi di Bentara Budaya Jakarta, Jl. Palmerah No 17, Jakarta Pusat pada hari Kamis, 15 April 2010 mulai pukul 19.00 – 21.00 wib dan tidak dipungut biaya.

Rencananya SOL Project yang dipimpin oleh Rudi Octave (piano) akan menyajikan musik Amerika Latin bercampur dengan etnik jawa, sunda, bali, batak dengan nuansa roman Lenong Betawi sehingga akan terlihat bagaimana lagu Jawa dimainkan dalam irama Salsa menggunakan instrumen musik betawi.

Kelompok yang terdiri dari Rudy Octave (piano, akordeon), Cecilia Ventura (vocal) dan Faiser Florez (percussion) plus sejumlah musisi tamu telah merilis beberapa album yaitu La Nueva Inspiration, yang sangat menarik, karena menggangu syaraf untuk bergoyang mengikuti irama latin salsa yang groovy dan etnik. Album ini berisikan 9 lagu asli Indonesia yang diambil dari genre beragam dari pop sampai lagu tradisional dan keroncong tapi yang membuat album ini menjadi sangat menarik adalah masuknya gaya latin yang sangat kental dan membaur dengan lagu khas Indonesia tanpa menghilangkan ciri aslinya. Album ini didistribusikan secara independen dan tersedia di WartaJazz.com

Album kedua sebenarnya adalah repackage. Buah ‘deal’ dengan Catz Records – anak perusahaan Disc Tarra Group – dimana album tersebut dirilis dalam dua format CD dan DVD dengan perubahan cover dari album pertama.

Album yang ketiga adalah materi baru yang digarap Rudy dan kawan-kawan. Bertitle “Dua dunia” ada tambahan vocalis Wilson Novoa dari Kolumbia. Yang menarik album ini dirilis dalam dua versi. Ada yang hanya berupa CD saja seharga 50.000 dan dengan DVD seharga IDR 100.000,-

Materinya menyajikan komposisi-komposisi yang terbilang anyar seperti Sedang Ingin Bercinta karya Ahmad Dhani, Ku Tak Bisa karya Slank plus Rocker juga Manusia dari Serieus. SOL Project juga memasukkan beberapa instrumen khas dari Indonesia seperti Gamelan Bali dan Sampek dari Kalimantan.

Seperti apa SOL Project goes Betawi nanti?, kita simak saja!.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker