News

Dji Sam Soe Urban Jazz Crossover 2010 digelar di 5 kota

Performer UJC 2010: Sandhy Sondoro, Indra Lesmana, Ello
Performer UJC 2010: Sandhy Sondoro, Indra Lesmana, Ello

Sukses dengan dua kali penyelenggaraan Dji Sam Soe Urban Jazz Crossover (UJC) kali ini kembali hadir dan makin spektakuler dengan menggandeng lebih banyak musisi terbaik lintas generasi yang masing-masing mewakili berbagai genre.

Musisi-musisi yang diundang antara lain Sandhy Sondoro, Ello, Dewi Sandra dan Kikan ‘Coklat’ dan masih ada Ipang “BIP”, Maylaffayza, DJ Cream, Kyriz Boogiemen, Yuyun dan Drew. Yang spesial tentu saja adalah ikon musik Rock Ahmad Albar dan ikon musik Jazz, Indra Lesmana, turut mendukung UJC 2010.

Pemilihan lima kota yaitu Medan, Jakarta, Bandung, Semarang dan Surabaya seperti diungkapkan oleh Rama Ishwara selaku Asociate Brand Manager Dji Sam Soe dalam press conference yang digelar di fX Senayan Rabu (21/04) siang adalah karena kota-kota tersebut memberikan respon yang luar biasa. “Di Medan, penonton bahkan sempat mengantri dari jam dua siang”, ujarnya.

Ditemani music director EQ Puradiredja yang menjelaskan sedikit banyak tentang konsep musik yang coba ditawarkan tahun ini sebagai ‘improvement’ dari konsep selalu menghadirkan sesuatu yang berbeda dari sisi sajian. Rama menjelaskan, “UJC tahun ini ada Moveable Projected Backdrop berukuran 5 x 7 meter yang mampu membentuk delapan formasi berbeda dengan perpaduan tailormade visual dengan teknologi 3D Masking dan Augment Projection”.

“Ada sekitar 20an lagu yang digarap. Dan tantangannya kali ini juga luar biasa karena lagu-lagu itu adalah anthem dan sudah sangat popular dan coba kita crossoverkan”, ujar EQ. “Ada unsur etnis dan voicing dari beberapa daerah juga yang kita masukkan. Ada lagu Iwan Fals yang kita garap. Ada karya milik Indra Lesmana – Reborn yang diaransemen ulang. Pokoknya jadi menarik. Datang aja untuk membuktikan sendiri”, tambahnya lagi setengah berpromosi.

Dalam press conference tersebut hadir pula sejumlah musisi yang turut berpartisipasi antara lain Indra Lesmana, Ello dan Sandhy Sondoro. Saat ditanya style apa saja yang akan diintegrasikan oleh Indra Lesmana ia merespon, “Ini bukan persoalan apakah dixieland, swing atau bebop akan dimasukkan. Kalau memang lagu tersebut asyiknya digarap dengan satu style tertentu maka itu yang kita garap.”

“Yang justru menarik adalah bagaimana caranya memainkan lagu yang bukan lagu Jazz, menjadi sesuatu yang berbeda. Intinya bukan sesuatu yang dipaksakan. Dan Jazz disini kita tangkap secara esensi yaitu spiritnya” lanjut Indra Lesmana. “Kalau kita melihat Urban Jazz, maka saya mengambil referensi ke musik-musik (jazz) Urban yang ada di New York – yang mana itu adalah tempat yang paling pas sebagai ibukota Jazz, plus Modern Jazz yang dikemas dengan Dance musik”, tambahnya.

Indra Lesmana yang tahun lalu merilis album Java Jazz – Joy Joy Joy itu memiliki peran yang cukup besar dalam UJC 2010. Ia akan tampil dibeberapa lagu – plus melakukan aransemen pada seksi horn atau alat tiup.

Nah, anda penasaran seperti apa Dji Sam Soe Urban Jazz Crossover (UJC) 2010 ini nantinya?. Buruan membeli tiketnya lewat website www.djisamsoe.com, sebab tiket seharga IDR 50.000,- tersedia dalam program buy 1 get 1 free alias beli satu gratis satu tiket.

Catat tempat dan tanggal pelaksanaan UJC berikut ini, JW. Marriot – Medan, (30/4), Bandung (07/05), Semarang (21/5) Jakarta (11/6), Surabaya (18/6).

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

19 Comments

  1. wow.. akhirnya urban jazz datang di surabaya..
    aku pasti dateng.. semoga acaranya menarik dan sukses !!!

  2. cara dapetin tiketnya gmna,,,yah??mau nntn yg di bdg…
    ko ga bisa daftar trs ke website djisamsoe…

  3. addduuuuuhhhh
    sama mbaq arinny . . . .
    saya jg ga bs sign k djisamsoe.com , . .
    gmn niiii

    saya d sby . . . .
    need some tickets . . . . . .

  4. di surabaya Tahun lalu saya ajak nonton anak saya usianya 11th pinginnya mengenalkan musik Jazz, kebetulan anak saya suka banget musik & dia pemain drum, tapi kecewa sampai dipintu masuk tdk diperbolehkan, alasannya utk 18th keatas.
    Utk th 2010 apa masih ada batasan usia untuk nonton, kalau ya….! saya SANGAT KECEWA, bagaimana musik jazz bisa dicintai semua golongan kalau utk nonton saja harus dibatasi……

  5. Mas Admin , web nya nggak bisa diakses, gimana nih caranya dapetin tiketnya nih, sayang nih udah nunggu lama acara jazz katak gini di surabaya.

  6. trus gimana beli tiketnya kalo websitenya gak bisa dibuka. di surabaya tinggal 2 hari lagi masih dapet tiket ga ya. iya tuh aturan 18+ knapa mesti dipake, kayak mau ke discotik aja.. ini kan puur music. Sayang ya, padahal anak saya juga biasa nikamatin jazz.

  7. setahu saya anda bisa mengakses dengan syarat mendaftarkan diri terlebih dahulu. Namun demikian, kami tidak berafiliasi dengan pihak Urban Jazz Crossover maupun DjiSamSoe.com

  8. Sponsor dan inisiator acara ini adalah perusahaan rokok, sehingga membuat acara ini mau tidak mau mengikuti regulasi yang ada.

  9. dear all,

    mohon di berikan informasi mengenai penjualan ticketnya dimana dan berapa harganya.

    salam,

    agus prie

  10. Salam buat Djisamsoe, Jjr aku suka rokok kreteknya disaat cuaca dingin.dariku Jhonferis si haloho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker