News

BII Youth Jazz Band Competition 2010 – untuk band jazz anak muda

Taufan Goenarso, Idang Rasjidi & Laut Lubis - saat Preskon BII Jazz Competition 2010
Taufan Goenarso, Idang Rasjidi & Laut Lubis - saat Preskon BII Jazz Competition 2010

PT. Bank International Indonesia Tbk (BII) bekerjasama dengan BlackCat Jazz Supper Club dan turut didukung Wartajazz.com menyelenggarakan kompetisi jazz untuk anak muda bertajuk BII Youth Jazz Band Competition mulai 2 Mei hingga 30 Mei 2010 mendatang.

Kesempatan untuk menjajal kemampuan para pelajar, mahasiswa baik dari sekolah musik maupun yang belajar sendiri dalam format band beranggota maksimal 5 (lima) orang – termasuk vokal (jika ada) dengan para dewan juri musisi-musisi yang sudah tidak diragukan lagi kapasitas mereka antara lain Taufan Goenarso (drums), Idang Rasjidi (piano), Oele Pattiselanno (guitar) dan Benny Likumahuwa (trombone).

VP Marketing Credit Card dari BII, Laut Indrawan Lubis dalam sambutannya menyatakan, “BII bukan hanya mendukung kecintaan kalangan muda Indonesia yang makin tumbuh pesat terhadap musik Jazz tetapi lebih jauh mendukung penyaluran minat dan bakat bibit-bibit muda yang akan menjadi musisi jazz Indonesia di masa depan”.

Tak hanya itu BII juga menggelar program diskon bagi pemegang kartu kredit BII yang ingin menikmati makanan dan minuman di BlackCat Senayan dengan memberikan potongan 25% selama hari kerja dan 15% untuk Jumat-Minggu.

Saat ditanya Wartajazz lebih lanjut Laut menambahkan “Dukungan BII pada kegiatan kompetisi ini karena kami mulai masuk ke segmen young and progressive. Kompetisi ini merupakan permulaan. Tentu kami berharap program ini berjalan sukses dan bisa dilanjutkan diwaktu mendatang”.

Taufan Goenarso yang hadir bersama Idang Rasjidi dalam press conference yang digelar pada Rabu (28/04) menjelaskan bahwa peserta yang sudah mendaftar sebanyak 16 (enam belas) group yang tersebar dari Jakarta, Bandung dan Bogor. “Yang pasti mereka bukan musisi professional, walaupun usia maksimal peserta yang kami tetapkan 25 tahun”, ujarnya.

“Para peserta akan diminta membawakan dua buah lagu dari Real Book, kompilasi jazz Standard untuk babak penyisihan pada tanggal 2 mei dan 9 Mei”, ungkap Idang Rasjidi. “Mereka yang lolos sebanyak enam kelompok akan bertarung pada babak final di tanggal 16 Mei”, tambahnya.

Nah, kalau kamu punya grup jazz dan tertarik, pendaftaran gratis masih dibuka hingga tanggal 1 Mei 2010 dengan menghubungi Achie di 0813-8191-3377 atau Nurhadi di 0818-714-019.

Berikut ini daftar lengkap reportoir yang dapat dipilih untuk dimainkan dalam kompetisi nanti. “A Night in Tunisia”, “Stella by Starlight, Alice in Wonderland, Straight no chaser, Like Somone in Love, Seven Steps to Heaven, Solar, Speak Low, There is no Greater Love, All Blues, Cute, Caravan dan Ornithology.

Menyinggung soal kriteria penilaian, Taufan berkomentar, “Improvisasi, Skill, Tempo, Harmoni, Aransemen dan komposisi. Namun yang lebih penting lagi, balancing itu semua dalam sebuah band”.

Para pemenang akan mendapatkan plakat dan sertifikat dari BlackCat plus uang tunai untuk 3 pemenang masing-masing lima juta, empat juta dan tiga juta rupiah untuk pemanang pertama, kedua dan ketiga.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker