News

Pianis Hank Jones wafat

Pianis Hank Jones saat tampil di North Sea Jazz Festival 2009
Pianis Hank Jones saat tampil di North Sea Jazz Festival 2009

Pianis Hank Jones diberitakan wafat Minggu (16/05/2010) lalu diusia 91 tahun. Ia adalah salah satu dari tiga bersaudara yang semuanya memiliki kharisma dalam dunia jazz yaitu Thad Jones dan Elvin Jones. Peraih National Medal of Arts tahun 2008 ini meninggal dunia hari Minggu malam di sebuah rumah sakit di New York hospital setelah mengalami sakit.

Pemenang Grammy Award dengan tujuh puluh tahun karirnya di dunia musik Jazz ini dikenal terutama sebagai pianisnya Ella Fitzgerald dan pernah mendampingi Marilyn Monroe menyanyikan lagu “Happy Birthday” untuk President John F. Kennedy.

Dikenal akan permainan swing dan bebopnya, Hank Jones pernah merekam karyanya bersama sejumlah nama besar di jazz seperti Coleman Hawkins, Ben Webster, Lester Young, Charlie Parker dan John Coltrane.

Henry “Hank” Jones lahir di Vicksburg, Mississippi, 31 Agustus 1918. Sulung dari 10 bersaudara (beberapa sumber menyebut 7 bersaudara -red), Hank Jones kecil dibesarkan di Pontiac, Michigan. Hank kecil tertarik dengan Fats Waller. Saat berusia 13 tahun ia sudah bermain dalam sebuah band lokal. Ia meninggalkan bangku sekolah dan memutuskan menjadi musisi professional.

Jones terlihat dalam sebuah foto yang memuat 57 musisi jazz kenamaan yang dipublikasilah oleh majalah Life magazine tahun 1958.

Hank Jones mendapat gelar Doktor dari University of Hartford atas prestasi musiknya pada tahun 2009. Beberapa karyanya antara lain Lazy Afternoon (1989); Live At Maybeck (1991); Upon Reflection (1993); Steal Away, with the bassist Charlie Haden (2004); dan Kids, yang direkam bersama saksofonis Joe Lovano (2007).

WartaJazz.com berkesempatan mengabadikan penampilannya di North Sea Jazz Festival 2009 di Rotterdam, Belanda.

Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker