News

Jeff Lorber Fusion rilis album Now Is The Time

Jeff Lorber - Now Is The Time
Jeff Lorber – Now Is The Time

Di medio akhir 70-an nama keyboardis dan komposer Jeff Lorber – orang yang berada dibelakang nama Kenny G dan Dave Koz – telah menjadi figur utama dalam pergerakan baru yang dikenal dengan sebutan jazz fusion – perkawinan antara elemen tradisional jazz dengan rock, R&B, funk dan berbagai bunyi elektrik lainnya. Lorber dan bandnya – dikenal dengan nama Jeff Lorber Fusion, mendapatkan kesempatan mengasah kemampuan perdananya di Portland, Oregon, dan pelan-pelan nama mereka menyebar diseantero klub dan akhirnya menyeruak ke kancah nasional bahkan internasional lewat harmoni yang kompleks, time-signature dan rhythm yang tidak biasa.

Belakangan Lorber membuang kata “fusion” karena belakangan apa yang dikerjakannya lebih dikenal sebagai contemporary jazz. Meski demikian, ia terus bereksplorasi hingga tiga dekade kemudian.

Album ini mengajak kita menelusuri kembali karya-karya terdahulunya. Seperti sebuah lingkaran yang melempar kita ke masa lalu hingga masa kini.

Pengen tahu siapa saja reinkarnasi dari kelompok Jeff Lorber Fusion kini?. Termasuk diantaranya bassist Jimmy Haslip (yang juga menjadi co-produced bersama Lorber dan Bobby Colomby), saxophonist Eric Marienthal, trumpeter Randy Brecker, guitarist Paul Jackson Jr., dan drummers Vinnie Colaiuta dan Dave Weckl.

“Kami memiliki semua visi apa yang ingin kami capai dalam album ini,” ujar Lorber, yang menggaris bawahi perjalanannya berkeliling Eropa bersama musisi-musisi ini – menghasilkan respon positif – sebagai katalisator bagi hadirnya album terbaru ini.  “Kami ingin kembali dengan sound Jeff Lorber Fusion, namun kami ingin menyampaikan banyak hal yang telah kami pelajari sejak dulu – Dan tiba-tiba orang-orang sepertinya tertarik kembali mendengarkan hal tersebut”

Lahir 1952 di Philadelphia, Lorber belajar piano saat berusia empat tahun. Jazz mulai digelutinya ketika belajar di Berklee College of Music.

Usai kuliah ia pindah ke Portland, Oregon dan membentuk Jeff Lorber Fusion. Bersama kelompok ini ia merilis album perdana tahun 1977 dan menjadi populer dalam waktu singkat.

Album Now Is the Time ini dirilis oleh Heads Up International. Belum ada jadwal resmi kapan album ini beredar di Indonesia. Namun sejak 1 Juni 2010 album ini tersedia dipasaran dan dapat dipesan lewat Amazon maupun ritel online lainnya.

Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker