Jazz dihidupkan kembali di Summergarden Museum of Modern Art

Don Byron
Don Byron

Jika anda kebetulan sedang dalam jadwal perjalanan menuju New York musim panas tahun ini maka sempatkan mampir ke Summergarden The Museum of Modern Art New York.

Pengelola berinisiatif menghidupkan kembali tradisi yang dimulai dari tahun 1971. MoMA mengundang dua partisipan yaitu The Juilliard School dan Jazz at Lincoln Center, dengan konser dimulai pada hari Minggu.

Juilliard concerts menghadirkan anggota dari The New Juilliard Ensemble, dibawah arahkan artistik Joel Sachs yang telah mengembangkan dua program. Sementara Jazz at Lincoln Center memilih dua trio jazz kenamaan.

Trio pertama adalah TRIO 3, yang akan tampil pada 18 Juli meski tanpa Reggie Workman, drummer Andrew Cyrille dan alto saxophonist Oliver Lake akan bergabung bersama Mark Helias pada bass. Kelompok ini mengambil inspirasi dari  ragtime, blues, avant-garde dan bebop, akan menampilkan karya perdanaProximity, yang ditulis oleh trombonist yang telah wafat John Bernard Gordon.

Sementara grup lain yang juga akan tampil adalah Don Byron Ivey-Divey Trio yang terdiri dari Don Byron, clarinet dan bass clarinet, tenor dan baritone saxophones; pianis Jason Moran dan drummer Billy Hart. Seperti halnya TRIO3, Byron dan kawan-kawan akan menyajikan nomor perdana NA1, NA2, yang sebagian ternspirasi dari permainan solo Bach baik pada sonata biola maupun cello suites. Ivey-Divey Trio juga menginterpretasi komposisi milik Miles Davis, John Coltrane, dand Mr. Byron.

Summergarden mengambil konsep gratis dengan tempat duduk tersedia bagi yang datang duluan. Dibuka pada pukul tujuh malam waktu setempat dan konser dimulai pada pukul delapan. Konser biasanya berlangsung enampuluh hingga sembilan puluh menit. Anda yang kebetulan berada di New York tinggal mampir dan masuk melalui pintu Sculpture Garden di West Fifty-fourth Street antara Fifth dan Sixth avenues. Jika terjadi hujan, konser akan dipindahkan ke The Agnes Gund Garden Lobby, dan the Museum’s Fifty-fourth Street.

Exit mobile version