News

Krakatau rencanakan syuting di Makassar untuk Live DVD

Pentolan supergrup Jazz Indonesia Krakatau, pianis Dwiki Dharmawan menyatakan bahwa setelah beberapa hari di Makassar bersama Pra Budi Dharma, Ubiet dan kawan-kawan terinspirasi untuk membuat Live DVD di Makassar.

Dwiki Dharmawan, Pra Budi Dharma & Ubiet saat tampil di Jazz @ Fort Rotterdam
Dwiki Dharmawan, Pra Budi Dharma & Ubiet saat tampil di Jazz @ Fort Rotterdam

Pernyataan itu disampaikan Dwiki disela-sela konferensi pers Jazz @ Fort Rotterdam 2010 yang digelar di Hotel Singgasana Makassar (Minggu, 1 Agustus 2010) yang dihadiri oleh Sapta Nirwandar, Dirjen Marketing Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata RI.

Dalam kesempatan lain Dwiki juga menegaskan bahwa dukungan dari Pemerintah Kota dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan juga sudah didapat.

Meski demikian ia tidak merinci lebih lanjut kapan rencana ini akan diwujudkan. Hanya sembari bercanda ia mengatakan, “Sepertinya sudah menjadi tradisi Krakatau merilis album setiap lima tahun sekali”. Terakhir Krakatau merilis double album 2 Worlds dan Rhythm of Reformation usai melakukan tour Amerika Utara dan Eropa Barat pada tahun 2004-2005.

Saat tampil di Jazz @ Fort Rotterdam 2010, Krakatau mengundang dua personil La’ Biri yang memainkan instrumen tradisional gambus makassar dan pui-pui (bentuknya seperti terompet berukuran kecil). Seluruh perhatian terpusat ketika terjadi “duel” tarompet dan pui-pui secara insidental, atraksi dialogis-improvisasional yang ditampilkan keduanya membuat penonton maupun penghuni panggung berdecak kagum sekaligus tergelak. Dan sepertinya ini yang menjadi titik totak rencana syuting Krakatau di Makassar.

Kita tunggu saja realisasinya.

Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker