News

Tohpati Ethnomission Save the Planet dirilis di Amerika Serikat

Tohpati Ethnomission – Save The Planet

Semenjak album simakDialog – Patahan dan Demi Masa dirilis oleh Moonjune Records yang berbasis di New York, Amerika Serikat maka sepertinya jalan terbuka mulus bagi kelompok lain seperti Tohpati Ethnomission. Walaupun Tohpati sebenarnya bukan “orang lain” karena ia juga adalah gitaris simakDialog – kelompok yang digagasnya bersama Riza Arshad.

Leonardo Pavkovic sang pemilik label yang pernah ditemui oleh WartaJazz beberapa tahun silam mengirimkan rilisan MoonJune seraya membubuhkan keterangan bahwa album Tohpati Ethnomission – Save the Planet versi mereka berbeda.

Sepintas jika anda mengamati covernya memang tidak ada perbedaan dengan yang didistribusikan oleh demajors untuk pasar Indonesia. Namun kalau ditelaah lebih dalam dari susunan lagu, terlihat perbedaannya. Begitupula gambar pada cakram padatnya yang memperlihatkan siluet hutan – berkesesuaian dengan titelnya Save the Planet.

Berikut ini daftar track yang termuat dalam album Tohpati Ethnomission – Save The Planet rilisan MoonJune Records:
1. Selamatkan Bumi (Save The Planet) 9:07
2. Bedhaya Ketawang (Sacred Dance) 8:31
3. Drama 1:47
4. Ethno Funk 8:38
5. Gegunungan (Gateway Of Life) 2:56
6. Hutan Hujan (Rain Forest) 8:42
7. Biarkan Burung Bernyanyi (Let The Birds Sing) 7:27
8. Inspirasi Baru (New Inspiration) 4:13
9. Perang Tanding (Battle Between Good & Evil) 8:16
10. Pesta Rakyat (Festive People) 5:10
11. Amarah (Anger) 2:34

Lagu bertitel Amarah merupakan track yang berbeda dalam album ini. Tembang East West pada rilisan Indonesia tidak disertakan. Diakui oleh Bontot alias Tohpati saat dihubungi WartaJazz Sabtu malam (21/08) bahwa lagu East West memang dirasakan paling ‘ringan’ jika dibandingkan dengan komposisi lain dan Leonardo sepertinya juga mengamini hal itu.

Tohpati Ethnomission terdiri dari gitaris Tohpati, bassis Indro Hardjodikoro, Demas Narawangsa (drums), Endang Ramdan (kendang), Diki Suwarjiki (suling). Penyanyi pada Bedhaya Ketawang adalah Lestari.

Jika kita menelaah album ini maka akan mendapati sejumlah pengaruh mulai dari Terje Rypdal, John McLaughlin, Robert Fripp sampai King Crimson. Album ini dibandrol $14 untuk pasar US/Canada (FREE shipping) dan $16 untuk negara lainnya (termasuk Indonesia). Harga tersebut sudah termasuk ongkos kirim.

Diluar musiknya hanya satu hal menurut Redaksi agak kurang yaitu tidak adanya liner notes yang menjelaskan lebih jauh tentang Tohpati Ethnomission dan musiknya. Terkecuali kalau anda membaca disitus MoonJune. “Dia pengennya simpel aja”, ujar Tohpati menjelaskan.

So anda mengaku penggemar Tohpati tulen?. Sepertinya harus mengoleksi pula rekaman ini!.

Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker