Review

Lisa Ono – Japão

Musik popular Brasilia, atau biasa disingkat MPB bukanlah hal baru bagi cantores, pemain gitar dan penulis lagu Lisa Ono. Bahkan musik tersebut telah menjadi identitas Lisa setidaknya lewat album-album yang ia rilis. Melalui musik garapannya, musisi kelahiran São Paulo ini telah tampil di banyak negara serta berkolaborasi dengan empu-empu bossa nova seperti Tom Jobim, Toninho Horta dan Oscar Castro-Neves.

Japão, judul album ini, adalah bahasa Portugis untuk negara Jepang. Selaras dengan hal itu, 12 tembang di dalamnya dinyanyikan oleh Lisa lewat lirik bahasa Jepang, dan ini merupakan kali pertama baginya. Sejuk adalah kesan awal saat menyimak lagu demi lagu bertempo laid-back, sepadan dengan alunan suara Lisa yang halus dan merdu.

Fasih berbahasa Jepang bukanlah suatu kewajiban untuk dapat menikmati nomor-nomor terlampir, sebab rangkaian nada, irama dan harmoni memiliki keindahannya sendiri. Dibuka oleh “Tasogare No Begin” dengan introduksi piano berlanjut sisipan saksofon tenor iringi nyanyian lembut, beralih “Olivia Wo Kiki Nagara” dan lirik dwibahasa “Tsubasa No Oreta Angel” yang agak melaju.

Rasa sedu-sedan tergambar dalam “Tooku He Ikitai” berskala minor, sedangkan “Ihou Jin” sangat kental tekstur irama Brasil-nya menuju trek “Kohi Rumba” atau dikenal sebagai “Moliendo Café.” Akhiri perjumpaan Japão, Lisa Ono hadirkan dua nomor cantik “My Angel, My Love” serta ajakan untuk memandang indahnya kerlip bintang di angkasa, dalam “Miagete Goran Yoru No Hoshi Wo.”

Album: Japão
Label: Dreamusic, 2011

01. Tasogare No Begin
02. Olivia Wo Kiki Nagara
03. Tsubasa No Oreta Angel
04. Ima Ha Kono Mama
05. Kitte No Nai Okuri Mono
06. Tooku He Ikitai
07. Isso Serenade
08. Ano Hi Ni Kaeritai
09. Ihou Jin
10. Moliendo Cafe
11. My Angel, My Love
12. Miagete Goran Yoru No Hoshi Wo

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker