News

Ansambel Kontemporer Topology dari Australia di Festival Salihara

Festival Salihara - Topology
Festival Salihara - Topology

Topology adalah kwintet kontemporer terdiri dari Christa Powell (violin), Bernard Hoey (viola), Kylie Davidson (piano), Robert Davidson (bass), dan John Babbage (saksofon). Dalam bekerja mereka mencoba merambah wilayah-wilayah baru dalam musik. Mereka berkolaborasi dengan para seniman dari berbagai bidang, mulai dari komedi, pop, jazz, world music, musik kamar, film, hingga seni eksperimental. Musik mereka bergulat dengan berbagai tema dan aneka lapisan ide, termasuk politik, filsafat, dan kehidupan mutakhir, dan semua itu digarap tanpa meninggalkan rasa humor dan kemahiran para pemainnya.

Sejak terbentuk pada 1997, Topology telah meraih khalayak fanatik dan secara teratur tampil memukau di Brisbane dan wilayah Australia lainnya. Pada 2003 mereka menyelesaikan lawatan internasional pertama mereka, dengan konser yang sukses di Kanada. Setelah itu Topology juga bekerja sama dengan banyak komposer internasional lainnya, termasuk Tim Brady (Kanada), Andrew Poppy, Michael Nyman, Jeremy Peyton Jones (Inggris), William Duckworth, Terry Riley, Steve Reich, Philip Glass, Carl Stone, Paul Dresher (Amerika Serikat), di samping komposer-komposer dari Australia.

Baru-baru ini, saat menjalani artists-in-residence di Brisbane Powerhouse, Topology tampil bersama Kate Miller-Heidke, The Kransky Sisters, Katie Noonan, drummer Grant Collins, duo perkusi Karak dan TaikOz. Topology juga telah tampil di sejumlah festival, termasuk Olympics Arts Festival, Brisbane Festival, Queensland Music Festival, Sydney Spring Festival (saat mereka menyabet predikat Best Ensemble). Tahun ini kembali mereka tampil di Queensland Music Festival dan International Society for Contemporary Music World Music Days Festival.

Topology telah menelurkan tujuh album, di antaranya Topology, Scat, dan Big Decisions. Terakhir, pada 11 Juli lalu, berkolaborasi dengan Misinterprotato, trio jazz kontemporer dari Australia, kwintet kontemporer ini meluncurkan album berjudul Healthy.

Topology menampilkan dua program berbeda dalam Festival Salihara 2010. Pada hari pertama, Lucid Dreaming, yaitu nomor-nomor dari para komposer internasional dan karya Topology sendiri; pada hari kedua, Corridors of Power, yang berpusat pada rekaman wicara dan video yang diiringi musik yang menekankan kualitas musikal dari wicara tersebut.

Topology dijadwalkan manggung di Festival Salihara ketiga pada hari Minggu dan Senin, 3-4 Oktober 2010 mulai pukul 20.00 wib dengan HTM 50.000 dan Pelajar 25.000. Informasi lebih lanjut silakan menghubungi 021-789-1202, 0817-077-1913 atau 021-9974-5934.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker