Jazz di Batam & BintanNews

3rd Asean Jazz Festival kembali digelar

Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia kembali menggelar 3rd Asean Jazz Festival di Pulau Batam, Jumat-Sabtu 15-16 Oktober 2010 mulai pukul 19.00 bertempat di Harbour Bay Batam.

Acara yang tidak dipungut biaya selama dua hari ini akan dimeriahkan sejumlah artis dari Indonesia seperti Krakatau, Dwiki Dharmawan World Peace Orchestra, Syaharani, Barry Likumahuwa Project feat Benny Likumahuwa, simakDialog (Riza Arshad & Tohpati dkk), Pra Budi Dharma, Dira J. Sugandi, Ivan Nestorman, Agam Hamzah, Rio Sidik, Gerry Herb, Demas Narawangsa, Bandanaira feat Irsa Destiwi & Lea Simanjuntak plus dua band dari Batam, Mangrove dan Cheppy N Friends.

Sejumlah artis mewakili negara masing-masing yaitu Bassgroove (Malaysia), Natasha Patamapongs (Thailand), Eugene Ang (Singapore) dan Luisa SantaMaria (Philippines).

3rd Asean Jazz Festival juga dimeriahkan dengan penampilan spesial dari Brazilian Jazz Ambassador, gitaris Toninho Horta untuk tampil selama dua hari berturut-turut.

***

Acara Asean Jazz Festival yang diadakan di Batam dimaksudkan sebagai agenda tahunan untuk menarik minat wisatawan dari mancanegara khususnya Singapura dan Malaysia. Letaknya yang strategis diharapkan menjadi pendongkrak kunjungan lintas batas atau cross border visitor.

3rd ASEAN Jazz Festival kali ini diadakan di kawasan bisnis terpadu sekaligus pelabuhan Ferry dari dan ke Singapura – yang dapat ditempuh sekitar 45 menit – Harbour Bay Batam. Penonton akan diberikan suasana festival yang berbeda karena terletak ditepi laut dan pemandangan cantik lampu-lampu kapal pada malam hari.

Dalam acara 3rd Asean Jazz Festival tahun ini panitia melakukan kombinasi antara Jazz sebagai Hiburan, Edukasi dan Appresiasi, oleh karenanya susunan penampil mencerminkan tiga hal tersebut.

Pada bagian akhir Festival di hari kedua, akan ada “Jam Session” sebagai tradisi Jazz yang tetap dipertahankan dan merupakan kesempatan bagi para musisi muda untuk berbagi panggung atau “share stage” dengan legenda musik dunia Toninho Horta.

Akan ada pula kolaborasi ASEAN Jazz Band yang menjadi perekat hubungan antar musisi di negara-negara Asia Tenggara.

Acara ini terselenggara berkat kerjasama Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia yang didukung oleh Visit Batam, Batam Tourism Board, Harbour Bay, WartaJazz, Sing FM Batam dan KEI FM Batam.

Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker